Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Biden Setuju Jual Senjata ke Taiwan, China Murka dan Siap Melawan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 19 Juli 2022, 15:08 WIB
Biden Setuju Jual Senjata ke Taiwan, China Murka dan Siap Melawan
Presiden Joe Biden/Net
rmol news logo Dukungan Washington kepada Taipei kembali membuat murka Beijing. Kali ini soal persetujuan pemerintahan Joe Biden atas penjualan senjata baru Amerika Serikat untuk Taiwan.

Secara bersamaan kementerian luar negeri dan pertahanan di Beijing mengutuk kesepakatan bernilai sekitar 108 juta dolar AS yang akan termasuk pasokan suku cadang kendaraan lapis baja dan bantuan teknis tersebut.

"Beijing menuntut agar Amerika Serikat segera menarik rencana penjualan senjata yang disebutkan di atas ke Taiwan, menghentikan semua kesepakatan senjata lainnya, dan memutuskan hubungan militer dengan pulau itu," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Kolonel Tan Kefei, seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (19/7).

“Jika tidak, pihak AS akan bertanggung jawab penuh untuk merusak hubungan antara China dan AS dan kedua militer serta perdamaian dan stabilitas Selat Taiwan," lanjutnya.

“Tentara Pembebasan Rakyat China akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk secara tegas mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial, dan dengan tegas menggagalkan segala bentuk campur tangan eksternal dan upaya separatis untuk 'kemerdekaan Taiwan',” tambah kolonel itu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin menggemakan sentimen tersebut, mengatakan pasokan senjata Washington sangat merusak kedaulatan dan kepentingan keamanan China, dan sangat merusak hubungan China-AS serta perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

“China akan terus mengambil langkah tegas dan kuat untuk secara tegas mempertahankan kedaulatan dan kepentingan keamanannya,” kata Wang.

Sebelumnya Pentagon mengungkapkan pada hari Jumat bahwa Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui transaksi tersebut, yang bernilai hingga 108 juta dolar AS. Namun, itu belum menerima persetujuan kongres.

Pengiriman akan mencakup suku cadang untuk tank dan kendaraan tempur lainnya, serta layanan dukungan teknis dan logistik yang disediakan oleh pemerintah AS dan kontraktornya, untuk meningkatkan interoperabilitas militer Taiwan dengan pasukan Amerika dan sekutu lainnya, menurut Keamanan Pertahanan AS.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price menepis kekhawatiran China, dengan mengklaim pada hari Senin bahwa AS memiliki kewajiban tertentu untuk memasok Taiwan dengan sarana yang diperlukan untuk 'mempertahankan diri'.

“Di bawah Undang-Undang Hubungan Taiwan, kami menyediakan artikel dan layanan pertahanan Taiwan yang diperlukan untuk memungkinkan Taiwan mempertahankan kemampuan pertahanan diri yang memadai. Ini adalah sesuatu yang telah dilakukan oleh pemerintahan berturut-turut. Ini sepenuhnya konsisten dengan kebijakan One China kami, ” kata Price.

China baru-baru ini meningkatkan aktivitas militer maritim dan udaranya di sekitar Taiwan, dengan mengatakan ini diperlukan untuk mencegah kegiatan kolusi antara pasukan kemerdekaan Taiwan dan pemerintah AS.

Sementara menyetujui kebijakan Satu China di atas kertas, Washington mempertahankan hubungan tidak resmi yang kuat dengan Taipei, menjual senjata ke pulau itu dan secara diam-diam mendorong dorongannya untuk kedaulatan. Beijing telah berulang kali mengecam kontak semacam itu sebagai provokasi dan campur tangan dalam urusan dalam negeri China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA