Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China: Akan Ada Konsekuensi Jika Pelosi Berani Kunjungi Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 20 Juli 2022, 07:43 WIB
China: Akan Ada Konsekuensi Jika Pelosi Berani Kunjungi Taiwan
Ketua DPR AS Nancy Pelosi/Net
rmol news logo Rencana kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan mendapat tanggapan tegas dari Beijing.

Dalam konferensi pers reguler di Beijing pada Selasa, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengutuk rencana Pelosi yang dijadwalkan Agustus mendatang.

Zhao mengatakan pihak China telah menyatakan dalam banyak kesempatan bahwa mereka dengan tegas menentang segala bentuk interaksi resmi antara Amerika Serikat dan wilayah Taiwan.

“Jika Ketua Pelosi mengunjungi Taiwan, ini akan sangat melanggar prinsip satu-China dan ketentuan dari tiga komunike bersama China-AS, sangat merusak kedaulatan dan integritas teritorial China, sangat berdampak pada landasan politik hubungan China-AS dan mengirim pesan serius. sinyal yang salah untuk pasukan separatis 'kemerdekaan Taiwan'," katanya, seperti dikutip dari Xinhua.

"China dengan tegas menentang itu," ujarnya.

Zhao mengatakan jika pihak AS tetap bertekad menempuh jalannya sendiri, China akan mengambil langkah tegas untuk menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorialnya.

"Semua kemungkinan konsekuensi yang timbul dari ini sepenuhnya akan ditanggung oleh pihak AS," kata Zhao.

Sebelumnya China juga menyatakan penentangannya dan mengajukan representasi serius kepada AS ketika Pelosi berencana mengunjungi wilayah Taiwan pada bulan April. Dia kemudian membatalkan perjalanan setelah terpapar virus corona. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA