Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia Rekrut Warga Korea Utara untuk Bangun Kembali Donbas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 20 Juli 2022, 15:10 WIB
Rusia Rekrut Warga Korea Utara untuk Bangun Kembali Donbas
Pekerja Korea Utara bantu Rusia bangun kembali Donbas/Net
rmol news logo Duta Besar Rusia Untuk Korea Utara (Korut) Alexander Matsegora, menyatakan bahwa para pekerja Korut akan membantu Rusia membangun kembali Wilayah Donbas yang telah rusak parah selama perang berlangsung.

“Ada prospek kerja sama antara Korut dan republik Donbas. Ini didukung dengan pekerja bangunan Korut yang berkualifikasi tinggi dan siap bekerja dalam kondisi apapun," ungkap Matsegora seperti dikutip National Review pada Rabu (20/7).

Matsegora juga membahas kerjasama yang lebih erat antar kedua negara sejak invasi Rusia ke Ukraina, termasuk pengakuan Korea Utara atas kemerdekaan wilayah Donetsk dan Luhansk.

Republik Rakyat Donetsk (DNR) dan Republik Rakyat Luhansk (LNR) memproklamasikan kemerdekaan setelah referendum tidak resmi pada tahun 2014, menyusul pencaplokan Krimea dan dukungan Rusia terhadap gerakan separatis di Ukraina Timur.

Rusia mengakui kemerdekaan mereka pada 21 Februari sementara Korea Utara ikut mengakui wilayah itu pada 13 Juli. Sebagai tanggapan, Ukraina memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Korea Utara.

Korut merupakan satu dari lima negara yang menentang resolusi PBB yang mengutuk invasi Rusia ke Ukraina. Matsegora juga tampaknya mengisyaratkan aliansi yang lebih dekat dengan Korea Utara di masa depan, mengingat keduanya sama-sama memperoleh sanksi dari Barat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA