Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berkunjung ke Ceko, Ketua Legislatif Taiwan Memuji Kota Telc

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 21 Juli 2022, 06:02 WIB
Berkunjung ke Ceko, Ketua Legislatif Taiwan Memuji Kota Telc
Ketua Legislatif You Si-kun berbicara di Senat Ceko di Praha/Net
rmol news logo Kota Telc di wilayah Vysocina, Republik Ceko, menorehkan kenangan mendalam bagi Ketua Legislatif Taiwan You Si-kun.

You, yang mengunjungi Telc pada Selasa (19/7) mengatakan ia terkesan dengan kota indah itu dan memuji keindahan, budaya, dan gaya arsitektur Telc. Menurutnya, Telc sesuai dengan penunjukannya sebagai situs Warisan Dunia UNESCO.

Kunjungan You bertepatan dengan peringatan 30 tahun kota yang dinobatkan sebagai situs warisan UNESCO.

You mengatakan, kota itu mengingatkannya pada Kabupaten Yilan, tempat pohon cemara Taiwan tumbuh di ketinggian 2.000 m di atas permukaan laut.

Yilan yang diunggulkan, gagal untuk mengajukan status warisan UNESCO beberapa kali, setelah 'dijegal' oleh "tetangga yang sombong", katanya, merujuk kepada China.

“Saya percaya, suatu hari nanti, (Taiwan) akan menjadi anggota PBB dengan dukungan teman-teman internasional kami, dan akhirnya berhasil mengajukan status warisan UNESCO,” kata You, seperti dikutip dari Taiwan News.

You sedang dalam perjalanan empat hari ke negara Eropa tengah, yang dimulai sejak Senin (18/7) waktu setempat.

You tiba di Vaclav Havel Praha, Republik Ceko, pada Senin pagi di mana ia disambut oleh Presiden Senat Ceko Miloš Vystrčil.

Pada acara pers yang disiarkan langsung setelah kedatangannya, You mengatakan bahwa kunjungan ke Praha adalah 'kunjungan yang terlambat' atas undangan Vystrcil yang mengunjungi Taipei pada 2020.

Seharusnya kami berkunjung tahun lalu, tapi karena Covid-19, perjalanan ditunda selama satu tahun," kata You.

Dia mengatakan dia sudah lama ingin mengunjungi Republik Ceko, sebuah negara yang dia sebut "Mekah untuk gerakan demokrasi" yang terkenal dengan gerakan pro-demokrasi Musim Semi Praha 1968 dan Revolusi Beludru 1989.

Perjalanan itu juga merupakan ungkapan terima kasih kepada Vystrčil secara pribadi, menurut You.

Selama mengunjungi Ceko, You banyak membicarakan kerja sama dengan Vystrcil, antara lain mendiskusikan dan bertukar pandangan tentang pariwisata Taiwan-Ceko, keamanan jaringan, industri teknologi, promosi pertanian, dan topik lainnya.

Ia mengatakan merasa terhormat bisa mengunjungi Telc, kota yang berpenduduk sekitar 5.000 jiwa itu. Telc, menurutnya, besar dan indah karena kondisi alam dan lingkungan yang menguntungkan dan penduduk yang sangat mementingkan pelestarian situs bersejarah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA