Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Indonesia Bantah Klaim Setuju Pakai System Maid Online Malaysia

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 21 Juli 2022, 19:22 WIB
Indonesia Bantah Klaim Setuju Pakai System Maid Online Malaysia
Ilustrasi/Net
Indonesia membantah klaim Malaysia yang menyebut telah ada kesepakatan dari kedua negara untuk mengintegrasikan sistem perekrutan pekerja migran Indonesia (PMI) dengan System Maid Online (SMO).

SMO merupakan sistem perekrutan pekerja migran milik Malaysia yang mengatur penempatan secara langsung, tanpa melalui agensi.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) Judha Nugraha menuturkan Indonesia keberatan atas proses perekrutan PMI melalui SMO.

"Kami menegaskan pemerintah Indonesia tidak pernah melayangkan persetujuan atas integrasi mekanisme penempatan melalui One Channel System sesuai kesepakatan MoU dengan System Maid Online milik Malaysia," kata Judha dalam press briefing virtual pada Kamis (21/7).

Menurut Judha, SMO telah melanggar UU 18/2017 tentang perlindungan para pekerja migran. Lantaran para pekerja WNI tidak melalui beberapa rangkaian persiapan yang benar sehingga rentan tereksploitasi. .

Oleh karena itu, Indonesia berharap kedua negara dapat segera melakukan pertemuan bilateral untuk dapat mencari solusi terbaik dari masalah yang dihadapi.

Kendati begitu, Judha menekankan, jika terdapat pertemuan, maka integrasi akan tetap merujuk pada prosedur yang telah ditetapkan dalam MoU pada awal April lalu, yaitu melalui One Channel System.

Sejak pekan lalu, Indonesia telah menghentikan sementara pengiriman PMI ke Malaysia karena diduga telah melanggar kesepakatan dengan masih menggunakan SMO.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA