Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Togo Resmi Buka Konjen di Dakhla, Maroko: Memperkuat Hubungan Dua Negara

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 22 Juli 2022, 09:27 WIB
Togo Resmi Buka Konjen di Dakhla, Maroko: Memperkuat Hubungan Dua Negara
Pembukaan Konsulat Jenderal Republik Togo di Dakhla, Maroko/Net
Republik Togo menambah daftar negara yang membuka Konsulat Jenderalnya di Dakhla, selatan Maroko. Langkah ini dinilai menunjukkan dukungan Togo atas kedaulatan Maroko.

Pada Kamis (21/7), Menteri Luar Negeri Maroko Nasser Bourita dan Menteri Luar Negeri Togo Robert Dussey meresmikan Konsulat Jenderal Republik Togo di Dakhla.

Dengan peresmian baru ini, jumlah konsulat yang dibuka di provinsi selatan Maroko meningkat menjadi 27, sebanyak 15 di Dakhla dan 12 di Laayoune.

"Republik Togo selalu menjadi suara yang kredibel dalam masalah Sahara Maroko di tingkat badan-badan regional dan internasional," kata Bourita pada kesempatan itu.

Bourita juga mengatakan Togo selalu mendukung Maroko mengenai masalah Sahara dan pelestarian integritas teritorial dan kesatuan kerajaan.

Menurut Bourita, pembukaan konsulat ini mengonsolidasikan konsistensi posisi Togo.

Dengan hadirnya perwakilan diplomatik di Dakhla, hubungan persahabatan kedua negara semakin kuat, baik dalam hal perdamaian, maupun pembangunan dan stabilitas.

"Di luar simbolisme politik dan diplomatik, kehadiran konsulat akan menjadi mekanisme diplomatik untuk mempromosikan dan memantau kerjasama antara kedua negara dan akan semakin memperkuat hubungan bilateral," kata Bourita, dalam keterangan Kementerian Luar Negeri Maroko yang dikutip redaksi.

Lebih lanjut, ia menilai ada banyak peluang dalam hal kerjasama desentralisasi antara wilayah Dakhla-Oued Eddahab dan wilayah Togo. Ada juga pengalaman yang bisa dibagi antara kedua negara, khususnya di bidang perikanan, pariwisata, dan tata kota.

Terlebih Togo adalah salah satu mitra perdagangan dan ekonomi pertama Maroko di Afrika Barat. Togo juga merupakan mitra politik penting dalam kerja sama keamanan.

Sebagai bagian dari kerjasama, telah disepakati pemberian 30 beasiswa tambahan untuk siswa Togo di pusat pelatihan dan institut di Dakhla dan Laayoune.

Sementara itu, Dussey mengatakan pembukaan Konsulat Jenderal Togo di Dakhla sebagai dukungan negaranya untuk integritas teritorial dan persatuan Maroko.

Setelah peresmian konsulat, kedua menlu kemudian menandatangani kesepakatan penghapusan visa untuk  warga negara Maroko dan Togo.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA