Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Modi Menyambut Gembira Kemenangan Draupadi Murmu sebagai Presiden India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 22 Juli 2022, 10:37 WIB
Modi Menyambut Gembira Kemenangan Draupadi Murmu sebagai Presiden India
Perdana Menteri Narendra Modi mengucapkan selamat kepada Presiden India yang baru, Draupadi Murmu /Net
rmol news logo India kembali memiliki presiden wanita. Ini menjadi berita kegembiraan bagi sebagian besar rakyat India.

Dalam proses pemungutan suara pada Kamis (21/7), Draupadi Murmu memenangkan suara mayoritas dan resmi terpilih sebagai Presiden India.

Murmu, yang bergabung ke dalam koalisi partai berkuasa yang dipimpin Perdana Menteri Narendra Modi, berhasil mengalahkan lawannya mantan Menteri Keuangan Yashwant Sinha dengan perolehan suara lebih dari 50 persen. Ini berarti ia menjadi presiden pribumi pertama India dan perempuan kedua yang memegang jabatan tersebut.

Kemenangan wanita 64 tahun ini juga menjadi kegembiraan luar biasa bagi Perdana Menteri Narendra Modi yang  bersama dengan presiden partai JP Nadda mengunjungi kediaman Murmu di Delhi untuk memberi selamat.

Sebelum mencalonkan diri sebagai presiden, Murmu menjabat sebagai Gubernur Provinsi Jharkhand, India. Ia kemudian bergabung ke dalam koalisi partai berkuasa yang dipimpin oleh Perdana Menteri Narendra Modi, Bharatiya Janata Party (BJP).

Modi memuji pertarungan Murmu dan kinerjanya selama ini.

“Perjuangannya sejak awal, kinerjanya yang berharga, dan kesuksesannya yang patut dicontoh memotivasi setiap orang India. Dia (Murmu) telah muncul sebagai secercah harapan bagi warga kita, terutama yang miskin, terpinggirkan, dan tertindas,” tulis Modi dalam cuitannya di Twitter.

Modi yakin, Murmu akan menjadi Presiden India yang luar biasa yang akan memimpin dari depan dan memperkuat perjalanan pembangunan India.

Kemenangan Murmu telah diprediksi oleh banyak pihak, termausk oleh Modi. BJP telah mengerahkan segala upaya untuk kesuksesan Murmu.

Murmu akan mengucap sumpah jabatan pada Senin (25/7), di mana pada saat yang sama Ram Nath Kovind mengakhiri masa jabatannya sebagai presiden India. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA