Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rumah Sakit Cape Town Gunakan Robot da Vinci Xi Untuk Operasi di Afrika

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 22 Juli 2022, 10:55 WIB
Rumah Sakit Cape Town Gunakan Robot da Vinci Xi Untuk Operasi di Afrika
Robot bernama Da Vinci Xi digunakan untuk operasi rumit yang dilakukan ahli bedah Afrika Selatan dr. Tim Forgan dan dr. Imran Mia di rumah sakit Tygerberg di Cape Town, Afrika Selatan, 15 Juli 2022/The Citizen/Net
rmol news logo Robot bedah paling canggih di Afrika, Da Vinci Xi, menjadi andalan tim bedah Dokter Tim Forgan untuk membantu mengangkat tumor rektum kanker dari seorang pasien wanita di rumah sakit umum Tygerberg di Cape Town, Afrika Selatan, baru-baru ini.

Robot yang digunakan untuk operasi ini memiliki empat lengan dan dikendalikan secara real time oleh Forgan melalui konsul 3D yang imersif.

"Ini adalah salah satu dari dua robot terbaik yang digunakan di benua itu, keduanya ditemukan di rumah sakit umum Afrika Selatan di Cape Town," ungkap Forgan seperti dilaporkan Reuters pada Kamis (21/7).

Forgan menjelaskan bahwa robot canggih ini digunakan untuk beberapa operasi yang kompleks seperti operasi urologi, ginekologi, dan kolorektal.

Operasi pertama menggunakan robot pertama kali dilaukan di rumah sakit Tygerberg pada bulan Februari lalu. Sejak saat itu sudah ada puluhan operasi yang berhasil diselesaikan dengan robot. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA