Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah Menjamu AS, Kini Saudi Bicara dengan Rusia dan Bahas Soal Kerjasama Minyak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 22 Juli 2022, 13:01 WIB
Setelah Menjamu AS, Kini Saudi Bicara dengan Rusia dan Bahas Soal Kerjasama Minyak
Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman/Net
rmol news logo Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman (MBS) melakukan pembicaraan melalui saluran telepon pada Kamis (21/7) untuk membahas kerja sama lebih lanjut dalam kelompok produsen minyak OPEC+.

Percakapan itu terjadi setelah Presiden AS Joe Biden mengunjungi Arab Saudi pekan lalu. Baik AS maupun Rusia, sama-sama memiliki kepentingan terhadap kerajaan Saudi khususnya di tengah perang Rusia-Ukraina yang mengguncang pasar energi global.

Seperti dikutip dari Reutres, OPEC+ yang terdiri dari negara anggota pengekspor minyak dengan negara produsen pada 2 Juni lalu sepakat untuk menaikkan produksinya ke tingkat yang lebih besar.

Suadi ingin mempertahankan Rusia untuk meningkatkan pengaruhnya di pasar minyak. Sementara Rusia memperoleh keuntungan dengan masuk keanggotaan OPEC+ untuk pertahanan saat Barat mencoba menjatuhkan ekonominya dengan sanksi perang.

"Tercatat dengan kepuasan bahwa negara-negara yang berpartisipasi dalam format ini secara konsisten memenuhi kewajiban mereka untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas yang diperlukan di pasar energi global," ungkap Kremlin.

Biden mengakhiri perjalanannya ke Timur Tengah tanpa keputusan apa. Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud mengatakan minyak tidak dibahas pada pertemuan puncak AS-Arab pada hari Sabtu, dan OPEC+ akan terus menilai kondisi pasar dan melakukan apa yang diperlukan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA