Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Bersiap Dihantam Gelombang Panas, Bisa Capai 40 Derajat Celcius

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 22 Juli 2022, 12:59 WIB
China Bersiap Dihantam Gelombang Panas, Bisa Capai 40 Derajat Celcius
China diperkirakan akan menghadapi gelombang panas Almanak selama 10 hari ke depan/News Today
rmol news logo China akan kembali diserang gelombang panas selama 10 hari ke depan. Fenomena cuaca ini kerap disebut sebagai Almanak China.

Ahli Meteorologi, Fu Jiaolan memperkirakan lonjakan suhu tajam akan segera terjadi pada Sabtu (23/7), dan akan berlangsung selama tiga hari atau lebih.

"Hari panas besar Almanak akan meningkat menjadi gelombang panas dengan periode cuaca panas yang tidak biasa selama tiga hari atau lebih," jelasnya, seperti dikutip dari Reuters pada Jumat (22/7).

Menurut Fu, cakupan wilayah yang terkena gelombang panas diperkirakan akan sama dengan yang terjadi pada 5-17 Juli lalu.

"Tetapi akan lebih banyak wilayah yang dilanda suhu 40 derajat Celcius atau lebih tinggi," tambahnya.

Provinsi Zhejiang, Fujian, dan Guangdong telah menaikkan status peringatanya pada Jumat (22/7), setelah mencatat suhu 35 derajat Celcius yang diperkirakan akan terjadi selama tiga hari ke depan.

Menurut Kementerian Manajemen Darurat China, tiga provinsi pesisir, serta bagian dari Hunan, Jiangxi dan Chongqing akan menghadapi risiko kebakaran hutan dalam waktu dekat.

Sejak Juni, gelombang panas melanda Asia Timur, Eropa Barat, Afrika Utara, dan Amerika Utara, yang telah memicu kebakaran hutan di banyak negara.

Para ilmuwan memperingatkan, perubahan iklim akan membuat gelombang panas menjadi lebih sering terjadi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA