Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lithuania Cabut Larangan Transportasi Kereta Api ke Kaliningrad Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 23 Juli 2022, 19:31 WIB
Lithuania Cabut Larangan Transportasi Kereta Api ke Kaliningrad Rusia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Negara Baltik Lituania telah mencabut larangan transportasi kereta api barang yang keluar dan masuk ke wilayah Kaliningrad Rusia pada Sabtu (23/7).

Seperti dikutip dari Mehr News, pekan lalu Uni Eropa (UE) telah menjatuhkan sanksi kepada Rusia dengan melarang transit barang-barang Rusia di wilayah negara anggota.

Namun, pada 13 Juli pihak UE mengklarifikasi pedoman sanksi tersebut hanya mempengaruhi jalan raya saja, bukan kereta api.

Sehingga Lithuania sebagai negara anggota, tetap harus membuka jalan kereta bagi Rusia untuk mengirimkan beberapa barang melintasi wilayah UE ke eksklave.

 "Ada kemungkinan beberapa barang akan diangkut hari ini," kata juru bicara perusahaan kereta api negara, Mantas Dubauskas, seperti dikutip RIA.

Sebelumnya Lithuania membatasi transit kereta api barang dari daratan Rusia ke Kaliningrad pada bulan Juni, dengan alasan sanksi Uni Eropa.  

Kementerian Luar Negeri Rusia memanggil Duta Besar Uni Eropa untuk Moskow Markus Ederer dan menuntut agar transit segera dilanjutkan, jika tidak pihaknya mengancam akan melakukan tindakan pembalasan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA