Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Yunani Dilanda Empat Kebakaran Besar, dari Resor Liburan sampai Hutan Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Minggu, 24 Juli 2022, 10:56 WIB
Yunani Dilanda Empat Kebakaran Besar, dari Resor Liburan sampai Hutan Nasional
Seorang petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan kebakaran hutan di dekat resor pantai Vatera, pulau Lesvos Aegean timur, Yunani pada Sabtu, 23 Juli 2022/AP Photo
rmol news logo Empat kebakaran besar terjadi secara bersamaan di Yunani pada Sabtu (23/7), termasuk satu di antaranya di pulau Lebos, tempat resor liburan.

Sedikitnya lebih dari 450 orang telah dievakuasi oleh petugas dari dua hotel dan 92 rumah.

Sekitar 50 petugas pemadam kebakaran dengan 17 mobil, sembilan pesawat pemadam kebakaran, dan satu helikopter dikerahkan untuk memadamkan api di Lebos.

Dari laporan ABC News, api menyambar dengan cepat dekat resor, membuat setidaknya satu rumah habis terbakar.

Insiden ini menjadi salah satu kebakaran terbesar yang dialami Yunani. Selain resor, api juga membakar hutan nasional Dadia di timur laut, dekat perbatasan Turki selama tiga hari berturut-turut.

Hutan nasional ini merupakan rumah bagi spesies-spesies langka, terutama burung nasar. Terdiri dari banyaknya pohon pinus, hutan ini sangat rentan terbakar dan mengancam keselamatan ekosistem spesies langka.

Dinas pemadam kebakaran mengatakan 320 petugas pemadam kebakaran yang membawa 68 mobil pemadam kebakaran, ditambah enam pesawat khusus, sembilan helikopter, bersama banyak sukarelawan ikut memadamkan api di hutan nasional.

Sementara 200 penebang pohon lainnya membantu memotong jalur sekat bakar melalui hutan.

Yannis Artopoios dari dinas pemadam kebakarn menyebut dua titik kebakaran besar lainnya terjadi pada hari yang sama di daerah pegunungan terpencil Makedonia Barat, dan wilayah Peloponnese selatan.

Uni Eropa telah memberi 72 juta euro pada tahun ini untuk membantu pengelola hutan Yunani, menjaga hutan dan membukanya untuk mencegah penyebaran api.

Namun perubahan iklim memicu gelombang panas, membuat suhu lebih tinggi dan kekeringan. Akibatnya kebakaran mudah terjadi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA