Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Putra Emir, Sheikh Ahmad Nawaf al-Sabah Ditunjuk Jadi PM Baru Kuwait

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 25 Juli 2022, 07:12 WIB
Putra Emir, Sheikh Ahmad Nawaf al-Sabah Ditunjuk Jadi PM Baru Kuwait
Putra Emir Kuwait, Sheikh Ahmad Nawaf al-Sabah ditunjuk jadi perdana menteri/Net
Putra Emir Kuwait, Sheikh Ahmad Nawaf al-Sabah telah ditunjuk sebagai perdana menteri baru. Ia menggantikan perdana menteri sementara, Sheikh Sabah al-Khalid yang mundur pada Mei usai berseteru dengan parlemen.

Lahir pada 1956, Sheikh Ahmad merupakan putra tertua dari Emir Kuwait, Nawaf al-Ahmad al-Jaber al-Sabah.

Sheikh Ahmad ditunjuk oleh Putra Mahkota Sheikh Meshal al-Ahmad al-Sabah sebagai perdana menteri lewat sebuah dekrit pada Minggu (24/7). Ia diperintahkan untuk membentuk kabinet baru.

Bulan lalu putra mahkota membubarkan parlemen dan akan mengeluarkan dekrit untuk pemilihan awal. Langkah tersebut disambut oleh anggota parlemen oposisi yang telah melakukan aksi duduk untuk menekan putra mahkota menunjuk perdana menteri baru.

Stabilitas politik di Kuwait secara tradisional bergantung pada kerja sama antara pemerintah dan parlemen.

Dimuat Reuters, Sheikh Ahmad telah mengajukan pengunduran diri pada April sebagai wakil perdana menteri dan menteri dalam negeri di pemerintahan Sheikh Sabah.

Sheikh Ahmad memulai karirnya di kepolisian dan kemudian memasuki kementerian dalam negeri. Setelah ayahnya, Emir Sheikh Nawaf al-Ahmad mengambil alih kekuasaan pada tahun 2020, ia diangkat sebagai wakil kepala Garda Nasional.

Pada 2019, ia diangkat menjadi menteri dalam negeri, dan wakil perdana menteri.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA