Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jokowi Terbang ke China, Bawa Agenda Perdagangan dan Investasi

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 25 Juli 2022, 17:04 WIB
Jokowi Terbang ke China, Bawa Agenda Perdagangan dan Investasi
Presiden Joko Widodo dan ibu negara Iriana bertolak ke Beijing, China pada Senin, 25 Juli 2022/Ist
Presiden Joko Widodo bersama ibu negara, Iriana, telah bertolak menuju Beijing, China untuk memulai rangkaian tur Asia Timur pada Senin (25/7).

Jokowi terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, sekitar pukul 14.00 WIB. Menggunakan pesawat Garuda Indonesia (GIA-1), Jokowi akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 7 jam hingga tiba di Beijing Capital International Airport pada malam hari.

Presiden dan ibu negara juga didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Sementara Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di Beijing untuk mempersiapkan kunjungan presiden.

Setelah mengunjungi China, Jokowi dan rombongan akan berangkat ke Jepang dan Korea Selatan.

“Ketiga negara tersebut juga merupakan mitra penting ASEAN dan mitra penting dalam konteks G20,” jelas Retno, seperti dikutip dari keterangan Sekretariat Presiden.

Retno menjelaskan, Jokowi akan melakukan pertemuan dengan Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang di China. Ia juga akan bertemu dengan para pemimpin Jepang dan Korea Selatan untuk membahas sejumlah isu.

“Berbagai isu dari kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur, perikanan hingga isu kawasan dan dunia akan dibahas dengan para pemimpin ketiga negara tersebut,” pungkas Retno.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA