Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Draupadi Murmu Mengambil Sumpah sebagai Presiden India ke-15

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 25 Juli 2022, 17:26 WIB
Draupadi Murmu Mengambil Sumpah sebagai Presiden India ke-15
Draupadi Murmi saat berpidato di parlemen India setelah pengambilan sumpah sebagai Presiden India, Senin 25 Juli 2022/Net
rmol news logo Aula gedung parlemen India dipenuhi dengan tepuk tangan meriah saat Draupadi Murmu selesai mengucapkan sumpah yang menghantarkannya secara resmi menuju kursi Presiden.  
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Senin (25/7), wajah wanita 64 tahun itu nampak sumringah menerima sambutan yang luar biasa. Ia sekarang telah menjadi Presiden ke-15, sekaligus orang pertama dari suku terasing India yang memegang jabatan Konstitusi tertinggi.

Ia disumpah sebagai Presiden oleh Ketua Mahkamah Agung India NV Ramana di Aula Pusat Gedung Parlemen yang bersejarah, dan disiarkan langsung di saluran televisi pemerintah. Ia mengambil sumpah atas nama dewa dalam bahasa Hindi.

“Mencapai jabatan Presiden bukanlah pencapaian pribadi saya, itu adalah pencapaian setiap orang miskin di India. Pencalonan saya adalah bukti bahwa orang miskin di India tidak hanya bisa bermimpi tapi juga bisa mewujudkan mimpi itu," kata Murmu dalam pidatonya usai pengambilan sumpah.

Ia bersyukur menduduki jabatan Presdien di tahun peringatan 75 tahun kemerdekaan dan berjanji akan memenuhi harapan para pejuang kemerdekaan untuk negeri tercinta.

Murmu, lahir 20 Juni 1958, adalah mantan gubernur negara bagian Jharkhand. Dia berasal dari Suku Santal (suku Munda terbesar) di negara bagian Odisha bagian timur.

Dengan resmi dilantiknya Murmu menjadi presiden, itu berarti Murmu menjadi wanita kedua India yang menjabat sebagai presiden, yang pertama adalah Pratibha Patil, yang menjabat pada 2007-2012. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA