Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aktivis Balochistan: Koridor Ekonomi Pakistan-China adalah Proyek Militer Beijing

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 26 Juli 2022, 14:49 WIB
Aktivis Balochistan: Koridor Ekonomi Pakistan-China adalah Proyek Militer Beijing
Pelabuhan Gwadar/Net
rmol news logo Koridor Ekonomi Pakistan-China (CPEC) yang menghubungkan China dengan Laut Arab melalui Pakistan tidak lain merupakan bagian dari proyek militer Beijing. Lantaran Beijing ingin membangun pelabuhan militer di Gwadar, Provinsi Balochistan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu yang dikatakan oleh aktivis asal Balochistan, Naela Quadri ketika berbicara di New Delhi. Kunjungan tersebut digunakan Quadri untuk mencari dukungan kemerdekaan bagi Balochistan dari Pakistan.

"Tidak ada satu pun negara yang memiliki hak untuk menjual pelabuhan-pelabuhan Balochistan yang disengketakan sejak 1948. Tidak China maupun Pakistan," tegasnya, seperti dimuat India Narrative, Selasa (26/7).

Quadri menyebut, China merupakan kekuatan kolonial baru, sementara Pakistan dinilai telah bangkrut.

"Pakistan telah menjual sumber daya kami ke China. Hari ketika China masuk ke Balochistan, pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Pakistan telah berubah menjadi genosida," tambahnya.

CPEC merupakan bagian dari Belt and Road Initiatives (BRI) China. Salah satu proyek besarnya adalah membangun Pelabuhan Gwadar yang nantinya dapat diakses dari Xinjiang, China melalui kereta atau jalan raya.

Pemberontak Balochistan telah menolak pembangunan Pelabuhan Gwadar, termasuk proyek infrastruktur CPEC lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA