Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inflasi Meroket, Pemerintah Panama Kontrol Harga 72 Bahan Makanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 26 Juli 2022, 16:02 WIB
Inflasi Meroket, Pemerintah Panama Kontrol Harga 72 Bahan Makanan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pemerintah Panama mengumumkan akan mengontrol harga untuk 72 jenis bahan makanan untuk memenuhi tuntutan warga yang memprotes pemerintah atas kenaikan biaya hidup.

Selama tiga pekan terakhir, pengunjuk rasa telah memblokir jalan dan menghentikan truk pengiriman makanan karena inflasi meroket hingga 5,2 persen pada Juni tahun ini.

Inflasi tahunan juga naik sebesar 2,6 persen pada Desember 2021.

"Dengan peraturan 72 produk, biaya sekeranjang makanan pokok akan turun 30 persen dan menghemat pengeluaran lebih dari 80 dolar AS," kata pemerintah pada Senin (25/7).

Presiden Laurentino Cortizo awalnya telah menerapkan kontrol harga untuk belasan makanan beserta langkah-langkah penghematan untuk lembaga-lembaga publik yang mencakup 10 persen dari pekerja pemerintah.

Tetapi para demonstran tetap menuntut lebih banyak penurunan harga, termasuk pembatasan pengeluaran publik, transparansi keuangan, serta lebih banyak investasi di bidang kesehatan dan pendidikan.

Pemerintah Cortizo yang menetapkan harga bensin dan solar sebesar 3,95 dolar AS per galon, kemudian menurunkannya menjadi 3,25 dolar AS untuk menghentikan aksi demonstrasi nasional.

Negosiasi dengan pengunjuk rasa sedang berlangsung dan pemerintah Panama meminta mereka untuk mengakhiri blokade jalan. Namun demonstran menolak untuk melakukannya sebelum semua tuntutan dapat terpenuhi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA