Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Raesi: Barat Sengaja Menghalangi Pencapaian Negosiasi Nuklir, Mereka Tidak Logis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 27 Juli 2022, 14:14 WIB
Raesi: Barat Sengaja Menghalangi Pencapaian Negosiasi Nuklir, Mereka Tidak Logis
Presiden Iran Ebrahim Raesi/Net
rmol news logo Iran tidak pernah mengabaikan negosiasi dan meninggalkan meja perundingan. Presiden Ebrahim Raesi dalam pernyataannya pada Selasa (26/7) menyalahkan pihak-pihak Barat karena menghalangi pencapaian kesepakatan nuklir.

Ia kemudian mendesak AS untuk bertindak secara logis dan rasional untuk mencapai kesepakatan Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA) yang selama ini terombang-ambing.

"Iran tidak pernah meninggalkan meja perundingan. Orang Baratlah yang menghalangi jalannya pembicaraan saat negosiasi sedang berlangsung dengan mengeluarkan resolusi di Dewan Gubernur Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA)," ujar Raesi di depan para pejabat dan Imam di Teheran, seperti dikutip dari IRNA, Rabu (27/7).

Pihak negosiasi membutuhkan kemauan dari masing-masing pihak, katanya. Sejauh ini Iran mencoba bersikao profesional dan masuk akal. Jika ada pihak yang berlaku tidak logis, negosiasi tidak akan tercapai.

Penyataan Raesi muncul untuk menanggapi komentar Dewan Gubernur IAEA yang mengadopsi resolusi pada awal Juni, menuduh Iran tidak bekerja sama dengan badan nuklir tersebut.

Pejabat Iran mengkritik AS dan sekutu Eropa karena mendorong resolusi, menyebut langkah itu tidak bertanggung jawab.

Teheran menekankan bahwa IAEA secara langsung dipengaruhi oleh rezim Israel, dan tindakan itu telah merusak kerja sama konstruktif negara itu dengan pengawas nuklir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA