Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Minta Jepang Percepat Proyek Strategis, Termasuk MRT

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 27 Juli 2022, 16:03 WIB
Jokowi Minta Jepang Percepat Proyek Strategis, Termasuk MRT
Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida melakukan pertemuan di Tokyo, 27 Juli 2022/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo mendorong dipercepatnya proses penyelesaian berbagai proyek strategis antara Indonesia dan Jepang, termasuk MRT Jakarta, Kawasan Industri Papua Barat, dan infrastruktur Patimban.

Hal itu disampaikan Jokowi kepada Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida ketika melakukan pertemuan bilateral Kantor PM Jepang, Tokyo pada Rabu pagi (27/7) waktu setempat.

"Beberapa proyek strategis yang saya sampaikan agar dipercepat penyelesaiannya antara lain MRT Jakarta North-South Fase II dan East-West Fase I, Kawasan Industri Papua Barat, perluasan Pelabuhan Patimban dan Jalan Tol Akses Patimban, dan kami juga membahas komitmen kerja sama bagi kelanjutan Proyek Gas Masela," kata Presiden.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi dan Kishida juga sepakat untuk memperkuat berbagai kerjasama di bidang perdagangan dan investasi.

Secara khusus, Jokowi meminta agar Jepang dapat memberikan dukungan penurunan tarif untuk beberapa produk antara lain tuna, pisang, dan nanas. Selain itu juga membuka akses pasar untuk produk mangga.

Sementara itu, Kishida mengatakan Indonesia merupakan mitra strategis Jepang.

Sejak kunjungannya ke Indonesia pada akhir April lalu, Kishida mengaku senang dapat kembali bertemu kembali dengan Jokowi.

“Kami akan menjadikan kunjungan Presiden Joko Widodo hari ini sebagai monentum untuk mempererat hubungan dengan Indonesia, mengingat kita akan memperingati 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara,” ucap Kishida.

Kunjungan Jokowi ke Jepang merupakan bagian dari turnya ke Asia Timur. Sehari sebelumnya, Jokowi telah mengunjungi China. Sementara setelah Jepang, ia akan mengunjungi Korea Selatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA