On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kasus Kedua Cacar Monyet di Thailand, Kali Ini Menimpa Warga Bangkok

LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 29 Juli 2022, 12:12 WIB
Kasus Kedua Cacar Monyet di Thailand, Kali Ini Menimpa Warga Bangkok
Menteri Kesehatan Masyarakat Anutin Charnvirakul/Net
Thailand kembali melaporkan satu kasus cacar monyet pada Kamis (28/7) waktu setempat. Kementerian Kesehatan Masyarakat dalam laporannya menyebut itu terdeteksi pada seorang pria yang tinggal bersama 10 orang lainnya di Bangkok.

Menteri Kesehatan Masyarakat Anutin Charnvirakul mengatakan orang yang terinfeksi adalah seorang pria berusia 47 tahun yang mengalami demam tinggi, nyeri dan lecet pada tubuh pada 12 Juli dan sedang dirawat di Rumah Sakit Vajira.

"Hasil tes laboratorium dari Departemen Ilmu Kedokteran mengkonfirmasi dia telah terinfeksi monkeypox," kata menteri, seperti dikutip dari Bangkok Post, Jumat (29/7).

"Pria itu mengatakan kepada otoritas kesehatan bahwa dia telah melakukan hubungan sejenis dengan pria asing," tambahnya.

Direktur jenderal Departemen Pengendalian Penyakit, Opas Karnkawinpong mengatakan 10 orang yang tinggal di rumah yang sama dianggap sebagai kelompok berisiko. Mereka telah diminta untuk menjalani tes laboratorium dan otoritas kesehatan sedang menunggu hasilnya.

"Petugas berusaha mencari orang lain yang pernah melakukan kontak dekat dengan pasien," kata Opas.

Kasus cacar monyet pertama di Thailand adalah seorang pria Nigeria yang saat ini dalam perawatan di ibukota Kamboja, Phnom Penh.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA