Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lavrov: Macron Telah Menghina Bangsa Afrika

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 30 Juli 2022, 07:51 WIB
Lavrov: Macron Telah Menghina Bangsa Afrika
Presiden Prancis Emmanuel Macron/Net
rmol news logo Tudingan Presiden Prancis Emmanuel Macron bahwa Moskow mendukung rezim tidak sah di Afrika mendapat tanggapan dari Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Berbicara kepada wartawan selama pertemuan di Tashkent Uzbekistan pada Jumat (29/7), Lavrov mengatakan klaim itu sama saja menghina bangsa Afrika.

“Jika saya ingat dengan benar, dia mengatakan bahwa dia prihatin dengan aktivitas militer dan diplomatik Rusia di Afrika dan  mengatakan itu bukan kerja sama, tetapi dukungan untuk rezim dan junta yang benar-benar gagal dan tidak sah,” kata Lavrov kepada wartawan, seperti dikutip dari RT.

Selama ini Rusia telah banyak bekerja sama dengan negara-negara Afrika.

"Jika melihat daftar negara yang kami kunjungi di Afrika, dan jika itu yang dia katakan, itu namanya  menghina negara-negara Afrika, yang, terlepas dari segalanya, secara konsisten mengembangkan hubungan dengan Federasi Rusia,” katanya.

Lavrov mengunjungi Mesir, Republik Demokratik Kongo, Uganda dan Ethiopia selama perjalanan empat hari ke benua itu sebelum akhirnya tiba di Uzbekistan pada hari Kamis.

Sementara itu Macron berada di Afrika pada waktu yang hampir bersamaan, mengunjungi Kamerun, Benin dan Guinea-Bissau.

Berbicara di Kamerun, bekas jajahan Prancis, pada hari Selasa, Macron menyebut Rusia sebagai salah satu kekuatan kolonial kekaisaran terakhir. Dia menuduh Moskow mendukung kekuatan politik yang melemah dan junta militer yang tidak memiliki legitimasi di Afrika.

Macron juga menyuarakan keprihatinan atas pekerjaan perusahaan militer swasta Wagner yang terkait dengan Rusia di Mali dan Republik Afrika Tengah. Kremlin sendiri membantah Wagner mewakili pemerintah Rusia.

Lavrov mengatakan tahun lalu bahwa kontraktor swasta telah diundang oleh otoritas Mali untuk memerangi teroris karena pasukan Prancis yang ditempatkan di negara itu sedang dalam proses penarikan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA