Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demi Hemat Energi, Perdana Menteri Spanyol Sarankan Setop Memakai Dasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 30 Juli 2022, 08:05 WIB
Demi Hemat Energi, Perdana Menteri Spanyol Sarankan Setop Memakai Dasi
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez/Net
rmol news logo Berbagai cara dilakukan pemimpin Eropa untuk meghemat penggunaan energi, salah satunya dengan berhenti menggunakan dasi seperti yang dilakukan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez.

Dalam pernyataannya pada Jumat (29/7), Sanchez kemudian mengajak para menteri untuk mengikuti jejaknya melepaskan dasi mereka.

Sanchez muncul pada konferensi pers dengan mengenakan jas biru, kemeja putih, tanpa dasi, dan kancing di bagian atas yang terbuka. Dia kemudian menyinggung soal penampilannya yang kurang resmi itu. Menurutnya, kemungkinan besar penampilannya akan seperti itu terus; tanpa dasi.

"Saya tidak memakai dasi, itu artinya kita semua bisa berhemat dari segi energi dan saya sudah meminta semua menteri dan semua pejabat publik untuk melakukan hal yang sama," katanya, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (30/7).

Tak hanya para pegawai negeri, ia juga mendesak perusahaan swasta untuk mengizinkan staf mereka bekerja tanpa dasi selama mungkin, menambahkan bahwa dengan cara ini seluruh bangsa akan terselamatkan.

Penghematan energi, menurut Sanchez, adalah prioritas nasional karena membantu mengurangi ketergantungan pada gas Rusia dan “membengkokkan kurva inflasi.”

Sanchez tidak merinci bagaimana tepatnya melepaskan dasi membantu menghemat energi, tetapi langkahnya terjadi beberapa hari setelah Kementerian Transisi Lingkungan mengeluarkan rekomendasi untuk menyetel AC ke 27 derajat Celcius – jauh lebih tinggi daripada yang biasanya ditetapkan orang, terutama selama Spanyol dilanda gelombang panas, ketika suhu udara bisa melebihi 40 derajat Celcius.

“Jika digabungkan dengan kipas angin, konsumsi listrik akan berkurang hampir setengahnya,” kata kementerian.

Pemerintah Sanchez diperkirakan akan menyetujui program hemat energi pada 1 Agustus.  

Dengan melakukan itu, ia akan bergabung dengan pemerintah Eropa lainnya yang menerapkan tindakan serupa di tengah krisis energi yang berkembang yang diperburuk oleh penurunan pasokan gas alam Rusia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA