Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Isu Kunjungan Pelosi ke Taiwan Makin Menguat, China Gelar Latihan Perang Dekat Pulau Pingtan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Minggu, 31 Juli 2022, 00:10 WIB
Isu Kunjungan Pelosi ke Taiwan Makin Menguat, China Gelar Latihan Perang Dekat Pulau Pingtan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Tensi antara Beijing dan Washington semakin memanas dalam beberapa waktu terakhir, semua terkait dengan rencana kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan yang dianggap tidak menghormati kedaulatan China.

Laporan terbaru bahkan mengatakan pasukan China sedang melakukan latihan militer di lepas pantainya di seberang Taiwan pada Sabtu (30/7) waktu setempat, tak lama setelah Beijing memperingatkan akan ada konsekuensi bagi AS jika memaksakan langkahnya.

Xinhua melaporkan, Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) melakukan latihan tembak-menembak di dekat pulau Pingtan di lepas pantai provinsi Fujian dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam waktu setempat.

Administrasi Keselamatan Maritim juga sudah memperingatkan kapal untuk menghindari daerah tersebut.

Latihan semacam itu biasanya melibatkan artileri. Pengumuman satu kalimat itu tidak memberikan indikasi apakah latihan hari Sabtu juga mungkin termasuk rudal, pesawat tempur atau senjata lainnya.

Pelosi, yang akan menjadi pejabat terpilih Amerika berpangkat tertinggi untuk mengunjungi Taiwan sejak 1997, belum mengkonfirmasi apakah dia benar-benar akan pergi.

Namun, presiden Xi Jinping sudah memperingatkan mitranya dari AS, Joe Biden, dalam panggilan telepon Kamis terhadap "campur tangan eksternal" dalam urusan Beijing dengan Taiwan.

China selama ini memandang Taiwan tidak memiliki hak untuk melakukan hubungan luar negeri. Ia melihat kunjungan para pejabat Amerika sebagai dorongan bagi pulau itu untuk meresmikan kemerdekaan de facto yang telah berusia puluhan tahun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA