Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakar Rusia: Invasi ke Ukraina adalah Awal dari Akhir Kejayaan Vladimir Putin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 31 Juli 2022, 10:15 WIB
Pakar Rusia: Invasi ke Ukraina adalah Awal dari Akhir Kejayaan Vladimir Putin
Presiden Rusia, Vladimir Putin/Net
rmol news logo Invasi Rusia ke Ukraina yang berlangsung sejak 24 Februari lalu merupakan awal dari akhir kejayaan Vladimir Putin. Terlihat dari semakin banyaknya respons negatif yang ia dapat, baik di luar maupun dalam negeri.

Begitu prediksi dari pakar Rusia, Iver Neumann dalam wawancaranya dengan Radio Free Europe yang diterbitkan pada Sabtu (30/7).

Selama lebih dari lima bulan, invasi yang disebut oleh Putin sebagai "operasi militer khusus itu" belum membuahkan hasil yang signifikan terhadap tujuannya untuk membebaskan wilayah separatis Donbas.

Alih-alih, reaksi internasional semakin keras, memicu gelombang sanksi besar-besaran yang menghantam ekonomi Rusia dan kepemimpinan Putin.

Menurut Neumann yang berasal dari Norwegia, invasi ini berkontribusi pada "awal dari akhir" kepemimpinan Putin.

"Jadi, sejak masa jabatan Putin dimulai 22 tahun yang lalu, sangat sedikit, jika ada, yang benar-benar terjadi pada ekonomi. Dan saya merasa menakjubkan bahwa seorang Marxis terlatih seperti Putin tidak memahami bahwa faktor material adalah esensinya, " ujarnya.

Kendati begitu, Neumann mengaku sulit untuk memprediksi dengan tepat kapan rezim itu akan runtuh atau apa yang bisa terjadi selanjutnya.

"Rezimnya telah melakukan pekerjaan menyeluruh untuk membasmi pemikiran dan kerja liberal terorganisir di Rusia. Buruk bagi negara, baik untuk rezim Putin," kata Neumann.

Pernyataan Neumann datang ketika Rusia terus berjuang untuk mencapai tujuannya di Ukraina, dan beberapa ahli menyarankan Rusia berada dalam bahaya kalah perang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA