Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Putin: AS adalah Ancaman Terbesar untuk Ambisi Rusia Jadi Kekuatan Maritim Dunia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 01 Agustus 2022, 09:50 WIB
Putin: AS adalah Ancaman Terbesar untuk Ambisi Rusia Jadi Kekuatan Maritim Dunia
Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
Presiden Rusia Vladimir Putin telah menandatangani doktrin baru untuk Angkatan Laut setebal 55 halaman yang menetapkan tujuan strategis dari militernya, termasuk menetapkan ambisinya untuk menjadi kekuatan maritim raksasa.

Disebutkan, Rusia menetapkan ambisi maritim global untuk wilayah-wilayah penting, seperti Kutub Utara dan Laut Hitam.

Doktrin itu juga menyebutkan ancaman utama bagi Rusia adalah kebijakan strategis Amerika Serikat (AS) untuk mendominasi lautan dunia, dan pergerakan NATO yang lebih dekat ke perbatasan Rusia.

"Rusia dapat menggunakan kekuatan militernya dengan tepat untuk situasi di lautan dunia jika softpower seperti alat diplomasi dan ekonomi, gagal," begitu isi doktrin tersebut, seperti dimuat Reuters, Minggu (31/7).

Rusia juga memiliki prioritas untuk mengembangkan kerjasama strategis dengan India, serta kerjasama yang lebih luas dengan Iran, Irak, Arab Saudi, dan negara-negara lain di kawasan.

"Dipandu oleh doktrin ini, Federasi Rusia akan dengan tegas dan tegas membela kepentingan nasionalnya di lautan dunia, dan memiliki kekuatan maritim yang cukup akan menjamin keamanan dan perlindungan mereka," kata doktrib itu.

Doktrin itu ditandatangani oleh Putin sebelum menyampaikan pidato pada Hari Angkatan Laut Rusia di St Petersburg.

Setelah memeriksa angkatan laut, Putin membuat pidato singkat dan berjanji bahwa apa yang disebut-sebut sebagai rudal jelajah hipersonik Zirkon Rusia memiliki kekuatan militer untuk mengalahkan setiap agresor potensial.

Pidato Putin tidak menyebutkan konflik di Ukraina.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA