Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mantan Utusan AS Kritik Keras PM Kosovo: Rakyat Marah dengan Kurti, Mereka Berhak Mendapat yang Lebih Baik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 01 Agustus 2022, 10:23 WIB
Mantan Utusan AS Kritik Keras PM Kosovo: Rakyat Marah dengan Kurti, Mereka Berhak Mendapat yang Lebih Baik
Perdana Menteri Kosovo Albin Kurti/Net
rmol news logo Kepemimpinan Perdana Menteri Kosovo Albin Kurti dianggap tidak memuaskan. Banyak warga yang marah karena alih-alih memikirkan kesejahteraan rakyatnya, Kurti lebih fokus kepada konfliknya dengan Serbia.

Richard Grenell, mantan utusan khusus AS untuk Serbia dan Perundingan Damai Kosovo, mengisahkan pengalamannya bertugas. ia juga mengkritik peran Kurti yang menurutnya tidak populer.

"Saya punya banyak teman di Kosovo yang sangat marah dengan Kurti," cuit Grenell. "Rakyat pantas mendapatkan pemimpin yang menginginkan pekerjaan bukan konflik. Kosovo layak mendapatkan yang lebih baik," ujar Grenell, seperti dikutip dari TASS.

Langkah pemerintahan Kurti yang memberlakukan larangan plat mobil serta identitas Serbia di wilayahnya adalah langkah tidak adil dan merampas hak-hak rakyat Serbia, terutama mereka yang tinggal di perbatasan.

"Ini bukan tentang masa lalu - tidak ada satu pihak yang selalu benar atau selalu salah. Ini tentang Albin Kurti yang membuat langkah sepihak untuk menolak ID Serbia dan plat nomor di dalam Kosovo," tambah Grenell.

Kosovo dan Serbia telah mengalami pasang surut hubungan, yang kebanyakan berakhir dengan darah. Dalam beberapa bulan ini, konflik kembali memanas yang dimulai dengan pengumuman otoritas Kosovo yang mewajibkan kendaraan yang lewat di perbatasan harus menggantinya dengan plat Kosovo.

Aksi demo berlangsung berminggu-minggu yang hingga kini masih belum menemukan jalan diplomasi yang terbaik bagi kedua pihak.  
Pada Minggu malam (31/7) situasi di  Kota Kosovska Mitrovica, di utara wilayah Kosovo yang memisahkan diri dari Serbia nampak memburuk. Polisi Kosovo menutup pos pemeriksaan di perbatasan dengan Serbia.

Setidaknya satu orang Serbia dilaporkan dipukuli oleh unit polisi Kosovo ketika dia mencoba melewati barikade. Pria yang terluka dilaporkan dirawat di rumah sakit.

Sebagai tanggapan, orang-orang Serbia di utara Kosovo turun ke jalan dan memblokir jalan raya utama. Polisi dan Pasukan Kosovo (KFOR), pasukan penjaga perdamaian internasional pimpinan NATO di Kosovo, ditarik ke jembatan di seberang Sungai Ibar, yang menghubungkan bagian utara dan selatan Kosovska Mitrovica.

Akibat peristiwa ini, Kabinet Kosovo kemudian menunda keputusan untuk melarang plat dan dokumen Serbia selama satu bulan hingga 1 September 2022. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA