Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Misi PBB di Kosovo Ingatkan Para Pihak Menguasai Diri untuk Mencegah Eskalasi Lebih Lanjut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 01 Agustus 2022, 11:56 WIB
Misi PBB di Kosovo Ingatkan Para Pihak Menguasai Diri untuk Mencegah Eskalasi Lebih Lanjut
Ilustrasi/Net
rmol news logo Ketegangan yang meningkat di Kosovo Utara, tepatnya di perbatasan Kosovo dan Serbia, menjadi perhatian khusus Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Misi Administrasi Sementara PBB di Kosovo (UNMIK) menyerukan untuk menenangkan dan mencegah eskalasi lebih lanjut di kawasan itu.

UNMIK mengatakan, Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal dan Kepala UNMIK Caroline Ziadeh telah mengikuti perkembangan di Kosovo dengan prihatin.

Ziadeh menyerukan ketenangan, pemulihan kebebasan bergerak dan menghindari eskalasi lebih lanjut.

"Saya mendesak semua untuk mengatasi masalah dengan itikad baik melalui dialog yang difasilitasi UE, untuk memperkuat stabilitas dan keamanan bagi semua," kata Ziadeh, seperti dikutip dari The Print.

Ketegangan antara Kosovo dan Serbia kembali memuncak.  Pasukan penjaga perdamaian yang tergabung dalam Kosovo Force (KFOR) yang dipimpin NATO, akhirnya melakukan penjagaan di Kota Kosovska Mitrovica, di utara wilayah Kosovo yang memisahkan diri dari Serbia pada Sabtu malam waktu setempat.

Etnis Serbia dilaporkan telah mendirikan barikade di beberapa jalan di Kosovska Mitrovica dan sekitarnya. Setidaknya satu orang Serbia dilaporkan dipukuli oleh unit polisi Kosovo ketika dia mencoba melewati barikade. Pria yang terluka dilaporkan dirawat di rumah sakit.

Dalam laporan lainnya, polisi Kosovo mengumumkan pada Minggu (31/7) bahwa telah terjadi tembakan ke arah petugasnya di tengah ketegangan di kota perbatasan Kosovska Mitrovica yang disengketakan. Tidak ada laporan mengenai korban.

Polisi menutup titik perlintasan administratif Jarinje dan Brnjak dan sirene serangan udara terdengar di kota itu, tempat kericuhan masyarakat Serbia dengan etnis Albania di Kosovo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA