On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kapal Pertama yang Membawa Gandum Ukraina Meninggalkan Odesa, akan Tiba di Istanbul Besok

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 01 Agustus 2022, 16:14 WIB
Kapal Pertama yang Membawa Gandum Ukraina Meninggalkan Odesa, akan Tiba di Istanbul Besok
Ilustrasi/Net
  Kapal kargo gelombang pertama yang mengirim gandum Ukraina akan tiba di Istanbul pada 2 Agustus.

Kementerian Pertahanan Turki, mengumumkan pada Senin (1/8) bahwa kapal Razoni berbendera Sierra Leone adala kapal pertama yang berangkat meninggalkan Ukraina dari pelabuhan Odesa menuju Lebanon, yang membawa gandum sebagai bagian dari hasil kesepakatan bersama.

"Kapal bermuatan jagung, yang meninggalkan Odessa, diperkirakan akan tiba di Istanbul pada Selasa," kata pernyataan itu, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Setelah diperiksa di titik kontrol laut dekat Istanbul, kapal akan melewati Selat Bosphorus dan menuju tujuannya. Kapal itu membawa lebih dari 26.000 ton biji-bijian dan menuju pelabuhan Tripoli di Lebanon.

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar mengatakan Razoni akan berlabuh di lepas pantai Istanbul sekitar pukul 1200 GMT pada 2 Agustus untuk inspeksi bersama.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba memuji keberangkatan pengiriman biji-bijian pertama sebagai "bantuan bagi dunia."

"Hari lega bagi dunia, terutama bagi teman-teman kita di Timur Tengah, Asia, dan Afrika, karena gandum Ukraina pertama meninggalkan Odesa setelah berbulan-bulan diblokir oleh Rusia. Ukraina selalu menjadi mitra yang dapat diandalkan dan akan tetap menjadi bersatu,"  cuit Kuleba.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA