Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gara-gara Kunjungan Pelosi ke Taiwan, Dubes Nicholas Burns Disemprit China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 03 Agustus 2022, 08:20 WIB
Gara-gara Kunjungan Pelosi ke Taiwan, Dubes Nicholas Burns Disemprit China
Duta Besar AS untuk China Nicholas Burns/Net
rmol news logo China langsung bereaksi atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan, dengan langsung memanggil Duta Besar AS untuk China Nicholas Burns.

Pemanggilan Burns oleh Wakil Menteri Luar Negeri China Xie Feng dimaksudkan untuk memprotes kunjungan Pelosi, menekankan bahwa sifat kunjungan tersebut sangat kejam dan konsekuensinya sangat serius.

"Pemerintah AS seharusnya menahan langkah tidak bermoral Pelosi dan mencegahnya melawan sejarah, tetapi malah memanjakannya dan berkolusi dengannya, yang memperburuk ketegangan di Selat Taiwan dan secara serius merusak hubungan China-AS," kata Xie kepada Burns, menyebut AS harus membayar harga untuk kesalahannya sendiri, seperti dikutip dari Global Times, Rabu (3/8).

"China akan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan dan tegas dan kami sungguh-sungguh dengan apa yang kami katakan," katanya.

Tak lama setelah Pelosi tiba di Bandara Songshan Taipei pada Selasa malam (2/8), lima departemen China juga mengeluarkan pernyataan yang mengutuk kunjungan tersebut.

Kunjungan itu berdampak parah pada landasan politik hubungan China-AS, dan secara serius melanggar kedaulatan dan integritas teritorial China, serta sangat merusak perdamaian dan stabilitas di seluruh Taiwan dan mengirimkan sinyal yang sangat salah kepada pasukan "kemerdekaan Taiwan", menurut mereka.
Pada Selasa malam, Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) juga meluncurkan latihan militer besar-besaran di sekitar pulau Taiwan, termasuk latihan tembakan jarak jauh di Selat Taiwan dan latihan peluru kendali konvensional di sebelah timur pulau.

Laporan mengatakan bahwa PLA akan melakukan latihan militer penting dan kegiatan pelatihan termasuk latihan tembakan langsung di enam wilayah maritim besar dan ruang udara mereka di sekitar pulau Taiwan, di utara, timur laut, timur, selatan, barat daya dan barat laut, mulai Kamis siang hingga Minggu siang. .

Para pejabat dan pakar China memperingatkan bahwa semua konsekuensi dari langkah yang sangat berbahaya dan provokatif ini akan ditanggung oleh Washington , dan kunjungan semacam itu juga akan selamanya mengubah situasi lintas-Selat dan memberikan dampak destruktif pada hubungan China-AS yang sudah sulit. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA