Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Marah Nancy Pelosi ke Taiwan, AS Siagakan Empat Kapal Perang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 03 Agustus 2022, 10:34 WIB
China Marah Nancy Pelosi ke Taiwan, AS Siagakan Empat Kapal Perang
Kapal induk USS Ronald Reagan/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) telah menyiagakan empat kapal perangnya, termasuk sebuah kapal induk, di perairan timur Taiwan, seiring dengan meningkatnya ketegangan dengan China akibat kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS Nancy Pelosi ke Taipei.

Dari laporan Reuters, kapal induk USS Ronald Reagan telah transit di Laut China Selatan dan saat ini berada di Laut Filipina, sebelah timur Taiwan dan Filipina.

USS Ronald Reagan sendiri berbasis di Jepang. Kapal ini beroperasi dengan kapal penjelajah peluru kendali, USS Antietam, dan kapal perusak, USS Higgins.

Seorang pejabat Angkatan Laut AS mengonfirmasi keberadaan USS Ronald Reagan di perairan tersebut, dengan menyebutnya sebagai "penyebaran rutin.

"Meskipun mereka mampu menanggapi segala kemungkinan, ini adalah normal, penyebaran rutin," ujar pejabat itu.

Selain itu, pejabat Angkatan Laut AS lainnya mengatakan kapal serbu amfibi USS Tripoli juga berada di perairan yang sama. Itu merupakan bagian dari operasi yang dimulai sejak awal Mei dari pelabuhan di San Diego.

Pelosi telah tiba di Taipei pada Selasa malam (2/8) waktu setempat. Kunjungannya memicu kemarahan China, dengan Beijing mengumumkan latihan militer di sekitar Taiwan.

Pengerahan kapal perang AS meningkatkan aktivitas militer di kedua sisi Selat Taiwan.

Pesawat-pesawat China juga dilaporkan terbang dekat ADIZ Taiwan, sementara beberapa kapal perangnya berada di dekat garis pemisah.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA