Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perusahaan Huawei China Diduga Terlibat Jaringan Korupsi dengan Mauritius Telecom

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 03 Agustus 2022, 11:46 WIB
Perusahaan Huawei China Diduga Terlibat Jaringan Korupsi dengan Mauritius Telecom
Perusahaan teknologi Huawei China diduga terlibat dalam kasus korupsi dengan mantan CEO Mauritius Telecom/Net
rmol news logo Sherry Singh, mantan CEO Mauritius Telecom(MT) dituduh mengeksploitasi prosedur penawaran selektif untuk membantu perusahaan raksasa Huawei asal China mengembangkan operasinya di India.

Huawei memainkan peran penting dalam mengembangkan jaringan 3G di Mauritius. Kontroversi seputar pemberian kontrak selama masa jabatan Sherry Singh yang baru saja mengundurkan diri pada bulan lalu telah menarik perhatian pada aliansi tidak suci antara eksekutif dan pemerintah China.

Berbagai isu terkait alokasi kontrak ke Huawei di bawah era mantan Singh ini telah merebak. Dikutip dari Zee News, Huawei pada tahun 2006 hingga 2007 menerima kontrak ratusan juta rupee, namun di bawah Singh kontrak tersebut melonjak hingga miliaran rupee.

Dalam kurun waktu yang sama, Huawei menerima proyek UTRAN 3G. Raksasa telekomunikasi itu juga mendapatkan kontrak untuk memperluas layanan internetnya. Untuk meningkatkan ketahanan jaringan saat ini, ia melanjutkan dan memasang enam sakelar dan sebuah router.

Semenjak itu, Mauritius mengalami peningkatan layanan internet dan telepon seluler, kemudian Huawei ditugaskan kembali untuk meningkatkan kapasitas dan memperluas jangkauan jaringan seluler sebesar 18 persen.

Mengutip sumber, laporan Mauritius News menambahkan bahwa Huawei sebagian besar telah mengembangkan jaringan 3G di negara kepulauan itu. Dalam beberapa kesempatan, perusahaan lain seperti Emtel dikabarkan turut meminta layanan Huawei untuk mengembangkan jaringan mereka.

"Oleh karena itu, jangan dipercaya bahwa Huawei hanya bekerja sama dengan Mauritius Telecom," kata sumber tersebut.

Sementara itu menurut Biro Investigasi Federal (FBI), ini merupakan hal yang berbahaya bagi keamanan negara. FBI menuduh China menggunakan Huawei untuk melakukan operasi pengawasan. Menurut sumber yang dikutip oleh CNN, FBI menemukan bahwa peralatan Huawei buatan China di atas menara seluler dekat pangkalan militer AS di pedesaan Midwest dapat menangkap dan mengganggu komunikasi Departemen Pertahanan yang sangat terbatas, termasuk yang digunakan oleh Komando Strategis AS, yang mengawasi senjata nuklir negara itu.

Temuan penyelidikan didasarkan pada informasi yang diberikan oleh pejabat keamanan nasional saat ini dan sebelumnya. Tetapi laporan media menyatakan bahwa membuktikan bahwa paket data tertentu dicuri dan diangkut ke luar adalah tantangan besar, sehingga sulit untuk memastikan apakah data tersebut dikirim ke Beijing dari menara ini.

Beberapa laporan mengklaim bahwa peralatan Huawei dapat mencegat lalu lintas sel komersial dan gelombang udara yang sangat terbatas yang digunakan oleh militer dan mengganggu komunikasi Komando Strategis AS yang penting, yang memungkinkan negara itu untuk memata-matai persenjataan nuklir Amerika.

“Ini masuk ke beberapa hal paling sensitif yang kami lakukan. Itu akan berdampak pada kemampuan kita untuk memerintah dan mengendalikan dengan triad nuklir. Itu masuk ke dalam kategori Bona Fide Determination (BFD). Kalau terganggu, itu adalah hari yang sangat buruk,” kata mantan pejabat FBI itu. Sementara itu China menyangkal tuduhan dalam memata-matai AS.

Selain korupsi, hubungan skandal antara perusahaan teknologi Huawei China dan mantan CEO Mauritius Telecom ini juga dapat berdampak besar pada keamanan nasional India. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA