Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung China, Korea Utara Kecam Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 03 Agustus 2022, 13:34 WIB
Dukung China, Korea Utara Kecam Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden China Xi Jinping/Net
rmol news logo Korea Utara mengecam keras kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan, dan menyebutnya sebagai tindakan campur tangan AS yang kurang ajar pada urusan internal negara lain.

Pelosi tiba di Taiwan pada Selasa malam (2/8) dalam rangka menghormati komitmen teguh AS untuk mendukung demokrasi Taiwan yang dinamis.

Seperti dikutip dari KCNA, Kementerian Luar Negeri Korea Utara merespon cepat kunjungan tersebut dengan menyatakan dukungannya kepada China dan menganggap perjalanan Pelosi sebagai pelanggaran kedaulatan dan integritas teritorial negara lain.

"Situasi saat ini dengan jelas menunjukkan bahwa campur tangan AS yang kurang ajar dalam urusan internal negara lain. Provokasi politik dan militer yang disengaja, memang, merupakan akar penyebab gangguan perdamaian dan keamanan di kawasan itu," kata jurubicara kementerian.

Jubir menegaskan, Taiwan merupakan bagian tak terpisahkan dari China. Ia mengatakan masalah Taiwan berkaitan erat dengan urusan dalam negeri China. Skema AS untuk mengganggu pertumbuhan dan perkembangan China pasti akan gagal.

Dukungan Korea Utara secara terbuka menekankan hubungannya yang kuat dengan China di tengah persaingan China-AS yang semakin intensif. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA