Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Mencoba Selundupkan 100 Migran ke Eropa, Lima Tersangka dari Afghanistan-Iran-Turki Ditangkap Polisi Yunani

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 03 Agustus 2022, 15:45 WIB
Mencoba Selundupkan 100 Migran ke Eropa, Lima Tersangka dari Afghanistan-Iran-Turki Ditangkap Polisi Yunani
Migran di atas kapal di lepas pantai Pulau Karpathos, Yunani/Net
Pihak kepolisian Yunani pada Selasa (2/8) berhasil menangkap dan mendakwa lima tersangka karena mencoba menyelundupkan hampir 100 migran ke Eropa dengan kapal yang tidak aman pada pekan lalu.

The National melaporkan Rabu (3/8), Kelima tersangka dituduh menggunakan apa yang tampaknya merupakan rute laut langsung baru dari Lebanon ke Italia.

Insiden tersebut merupakan yang kedua dalam waktu sekitar satu bulan yang melibatkan kapal yang berangkat dari Lebanon.

Rute laut yang lebih umum bagi pencari suaka dari Timur Tengah dan Afrika yang mencari kehidupan yang lebih baik di Eropa adalah dari Turki ke Yunani atau Italia. Tapi jalur tersebut menjadi kurang digunakan di tengah peningkatan kewaspadaan oleh badan perbatasan Yunani dan Uni Eropa.

"Para tersangka penyelundup ditahan di antara 101 orang di kapal pesiar motor yang ditemukan hanyut pada Kamis lalu, sekitar 120 kilometer dari pulau Karpathos, Aegean tenggara Yunani," kata penjaga pantai setempat.

Mereka mengatakan para tersangka termasuk warga negara Afghanistan, Iran dan Turki.

Para migran, termasuk 40 anak-anak dan 19 wanita, dibawa ke kamp pencari suaka.

“Karena tingginya jumlah penumpang dan kondisi kesehatan yang buruk, kapal itu tidak laik laut,” kata penjaga pantai.

Dikatakan para migran, yang kewarganegaraannya tidak diumumkan itu, telah membayar antara 6.500 hingga 8.000 dolar AS masing-masing untuk dibawa ke Italia.

Sebelumnya, pada 28 Juni sekitar 166 migran di kapal penangkap ikan yang tidak layak laut yang meninggalkan Lebanon menuju Italia, berhasil diselamatkan dari Karpathos.

Dalam kasus tersebut penjaga pantai Yunani mendakwa enam orang di dalamnya dengan dugaan penyelundupan migran.

Badan pengungsi PBB mengatakan bahwa pada paruh pertama tahun ini, hanya sekitar 2 persen migran yang tiba di Italia melalui laut datang dari Lebanon, dibandingkan dengan 55 persen dari Libya dan 21 persen dari Turki.

Namun, demikian UNHCR mengatakan pekan lalu bahwa itu merupakan peningkatan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA