Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prihatin Nancy Pelosi Kunjungi Taiwan, Kemlu: Indonesia Tetap Anut "One China Policy"

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 03 Agustus 2022, 16:15 WIB
Prihatin Nancy Pelosi Kunjungi Taiwan, Kemlu: Indonesia Tetap Anut <i>"One China Policy"</i>
Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan/Net
rmol news logo Pemerintah Indonesia menyatakan keprihatinan atas meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan China atas kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS ke Taiwan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Jurubicara Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah mengatakan perlunya pengelolaan yang baik atas rivalitas antara AS dan Taiwan demi menghindari konflik terbuka dan mengganggu stabilitas dan perdamaian, termasuk di Selat Taiwan.

"Indonesia sangat prihatin atas semakin tajamnya rivalitas di antara kekuatan besar," kata Teuku dalam keterangannya yang dirilis pada Rabu (3/8).

Lebih lanjut, Teuku mengatakan, Indonesia mendorong semua pihak untuk melakukan langkah-langkah nyata yang dapat mengurangi ketegangan atau memperburuk situasi.

"Dunia memerlukan kearifan dan tanggung jawab para pemimpin dunia agar perdamaian dan stabilitas dapat terjaga," tambahnya.

Di samping itu, ia juga menekankan bahwa Indonesia masih mengakui kebijakan "Satu China", di mana sejauh ini Indonesia tidak memberikan pengakuan terhadap Taiwan.

"Indonesia tetap menganut kebijakan 'One China Policy'," tegasnya.

Pelosi telah tiba di Taipei, Taiwan pada Selasa malam (2/8). Kunjungan tersebut memicu kemarahan China, membuat Beijing meluncurkan latihan militer di sekitar Selat Taiwan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA