Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pilih Tak Berpihak, Jepang Minta Polemik Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan Diselesaikan Secara Damai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 04 Agustus 2022, 08:23 WIB
Pilih Tak Berpihak, Jepang Minta Polemik Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan Diselesaikan Secara Damai
Jurubicara pemerintah Jepang, Hirokazu Matsuno/Net
rmol news logo Jepang menyatakan tak dalam posisi untuk mendukung perjalanan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan. Namun menyerukan jalan keluar damai untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Jurubicara pemerintah Jepang, Hirokazu Matsuno, mengungkapkan keprihatinanya atas aktivitas militer China di sekitar pulau Taiwan yang memicu ketegangan.

“Perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan sangat penting, tidak hanya untuk keamanan Jepang tetapi juga dunia. Kami berharap masalah Taiwan akan diselesaikan secara damai melalui dialog,” katanya seperti dikutip Anadolu Agency, Rabu (3/8).

Matsuno mengatakan, Jepang tidak banyak berkomentar soal dukungannya untuk perjalanan Pelosi ke Taiwan karena pihaknya telah memiliki hubungan ekonomi yang erat dengan AS.

Pernyataan Jepang dikeluarkan setelah militer China meluncurkan latihan besar-besaran di dekat Taiwan, sebagai tanggapan atas perjalanan Pelosi ke Taiwan.

China juga telah mengumumkan latihan militernya, termasuk latihan tembakan langsung, di enam lokasi di sekitar Taiwan dari Kamis (4/8) hingga Minggu (7/8).

Pelosi sedang melakukan tur ke empat negara Asia termasuk Jepang.  Perjalanannya ke Taiwan tidak disebutkan dalam agenda resmi yang dirilis kantornya sebelum dia terbang ke Singapura awal pekan ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA