Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Balas Komentar Schroder, Peskov: Ukraina Menolak Konsensus dan Meninggalkan Jalur Negosiasi

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 04 Agustus 2022, 09:18 WIB
Balas Komentar Schroder, Peskov: Ukraina Menolak Konsensus dan Meninggalkan Jalur Negosiasi
Juru Bicara Kepresidenan Dmitri Peskov/Net
Rusia tidak pernah menutup pintu negosiasi dengan Ukraina. Juru Bicara Kepresidenan Dmitri Peskov menegaskan lagi bahwa Moskow bersedia untuk mengadakan pembicaraan untuk mencari solusi damai, tentunya dengan kondisi tertentu.

"Begitulah, Rusia siap melakukan negosiasi untuk solusi, sesuai dengan kondisinya," kata Peskov, seperti dikutip dari TASS.

Komentar Peskov sekaligus untuk menanggapi pernyataan mantan kanselir Jerman Gerhard Schroder selama wawancara dengan mingguan Stern.

Schroder yang mengaku bertemu dengan Presiden Vladimir Putin pada Akhir Juli mengatakan bahwa Putin ingin menyelesaikan konflik dengan Ukraina melalui negosiasi.

Peskov memaparkan bahwa upaya untuk pembicaraan damai sudah dilakukan berkali-kali. Bahkan, pada Maret lalu upaya negosiasi untuk penghentian kampanye militer khusus Rusia telah disepakati oleh para perunding kedua pihak di Istanbul, Türki. Namun, Ukraina kemudian menjauh dan meninggalkan negosiasi.

"Setelah itu pihak Ukraina menolak konsensus dan meninggalkan jalur negosiasi," kata Peskov.

Schroder banyak mendapat kritikan karena kedekatannya dengan Kremlin. Ketika ditanya apakah Schroder dapat menjadi penengah antara Rusia dan Ukraina, Peskov meyakinkan bahwa politisi Jerman itu tidak menyatakan keinginan seperti itu.

Saat ini, Schroder banyak dipertanyakan oleh Partai Sosial Demokrat Jerman (SPD) karena hubungannya dengan Putin. Namun, mantan menteri luar negeri itu membela hubungan tersebut karena menganggap tidak ada alasan untuk memutuskannya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA