Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Pembunuhan Pimpinan Al Qaeda, Taliban Bantah Terlibat dengan Gerakan Teroris

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 04 Agustus 2022, 18:44 WIB
Soal Pembunuhan Pimpinan Al Qaeda, Taliban Bantah Terlibat dengan Gerakan Teroris
Menteri Dalam Negeri Afghanistan Sirajuddin Haqqani/Net
rmol news logo Kematian Pimpinan Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri di Afghanistan memicu kekhawatiran negara-negara di sekitar, termasuk India, tentang campur tangan penguasa Taliban saat ini dengan organisasi teroris.

Namun Menteri Dalam Negeri Afghanistan dari Taliban Sirajuddin Haqqani menegaskan Taliban tidak terlibat dalam aksi teror tersebut.

"Tanah Afghanistan tidak akan digunakan untuk melawan negara mana pun," tegasnya, seperti CNN-News18 pada Selasa (2/8).

Alih-alih, Haqqani mengajak India untuk bekerja sama untuk membuat lingkungan yang damai.

"Perusahaan, lembaga nasional dan investasi asing aman dan terjamin. Pemerintah Afghanistan akan mempersiapkan tanah untuk operasi mereka tanpa rasa takut," tegas Haqqani.

Haqqani mengungkap, Afghanistan membutuhkan dukungan logistik dan kehadiran India di kawasan untuk dapat segera menyelesaikan proyek yang terbengkalai.

"Kebutuhan utama saat ini di negara ini adalah untuk memperkuat infrastruktur keamanan yang goyah di pemerintahan sebelumnya. Sehingga kami membutuhkan dukungan India," jelasnya.

Terakhir, Haqqani juga meminta India untuk segera menyelesaikan konfliknya dengan Pakistan agar Afghanistan dapat segera bekerja sama dengan kedua negara tersebut.

India memiliki hubungan bersejarah dengan Afghanistan. Keduanya pernah bekerjasama dalam bidang penelitian dan pengembangan untuk membangun Bendungan Salma yang bersejarah di Afghanistan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA