Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nancy Pelosi: Kunjungan Saya Hanya Alasan China untuk Serang Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 05 Agustus 2022, 12:30 WIB
Nancy Pelosi: Kunjungan Saya Hanya Alasan China untuk Serang Taiwan
Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei, Taiwan/Net
rmol news logo Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi buka suara perihal kunjungannya ke Taiwan yang memicu ketegangan di kawasan karena penolakan keras dari China.

Berbicara selama tur Asia-nya di Jepang pada Jumat (5/8), Pelosi menegaskan kunjungannya ke Taipei pada Selasa kemarin (2/8) tidak akan mengubah status quo Taiwan. Ia juga menekankan Washington tidak akan membiarkan China mengisolasi Pulau Formosa.

Dalam kesempatan tersebut, Pelosi juga mengomentari serangan rudal yang dilakukan oleh China ke perairan dekat Taiwan dengan menggunakan kunjungannya sebagai alasan.

"China melancarkan serangan mereka, mungkin menggunakan kunjungan kami sebagai alasan. Mereka mencoba mengisolasi Taiwan," kata Pelosi.

Lebih lanjut, Pelosi menggarisbawahi bahwa China tidak bisa mencegah AS untuk melakukan kunjungan tingkat tinggi ke Taiwan.

"Mereka (China) mungkin mencoba mencegah Taiwan mengunjungi atau berpartisipasi di tempat lain, tetapi mereka tidak akan mengisolasi Taiwan dengan mencegah kami bepergian ke sana," tambahnya.

Setelah kunjungan Pelosi, China mengumumkan latihan militer besar-besaran di Selat Taiwan pada Kamis (4/8) hingga Minggu (7/8).

Taiwan menyebut China telah mengepung pulau tersebut dari enam sisi, dan memblokir akses laut dan udara. Sementara itu, beberapa rudal balistik juga diluncurkan, meningkatkan ketegangan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA