Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

ASEAN-AS Sepakat Dukung Indo-Pasifik Jadi Kawasan Damai dan Makmur

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 05 Agustus 2022, 12:40 WIB
ASEAN-AS Sepakat Dukung Indo-Pasifik Jadi Kawasan Damai dan Makmur
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi/Net
Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN dan Amerika Serikat (AS) yang diadakan di Phonm Penh pada Kamis (4/8) menghasilkan komitmen untuk memperkuat kerjasama dalam mendukung keamanan dan kemajuan kawasan Indo-Pasifik.

Dalam keterangan persnya, Menlu RI Retno Marsudi yang memimpin pertemuan mengatakan, Indo-Pasifik merupakan kawasan masa depan bersama dan kemajuannya akan bergantung pada pengelolaan yang dilakukan.

Oleh karena itu, Retno mengharapkan kerjasama yang dibangun ASEAN-AS di kawasan Indo-Pasifik dapat dijalin secara inklusif, penuh dengan strategic trust dan patuh pada hukum internasional yang berlaku.

Retno menekankan perlunya kerjasama untuk membangun iklim yang damai di tengah situasi dunia yang menghadapi berbagai tantangan, mulai dari pandemi Covid-19, inflasi, krisis pangan dan energi hingga menyebarnya wabah monkeypox di seluruh dunia.

"Sangat penting bagi Indonesia dan ASEAN bermitra dengan banyak pihak termasuk AS. Dan tentunya kerjasama tersebut haruslah saling menguntungkan sehingga dapat berkontribusi pada perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kawasan," tegasnya.

Terakhir, Menlu RI menyampaikan bahwa ASEAN-AS akan meningkatkan  hubungan keduanya menjadi Kemitraan Komprehensif Strategis (Comprehensive Strategic partnership) yang rencananya akan diluncurkan pada November mendatang.

"Kami meyakini bahwa tingkat kemitraan yang baru ini akan menjadi sarana yang sangat baik bagi upaya meningkatkan kerjasama ASEAN-AS," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA