Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Buntut Kunjungan ke Taiwan, Nancy Pelosi Dihantam Sanksi China

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 05 Agustus 2022, 16:33 WIB
Buntut Kunjungan ke Taiwan, Nancy Pelosi Dihantam Sanksi China
Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen/Net
China menjatuhkan sanksi kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi atas kunjungannya ke Taiwan pada Selasa kemarin (2/8).

Sanksi diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri China pada Jumat (5/8). Disebutkan, Pelosi telah secara serius mencampuri urusan dalam negeri China dan merusak kedaulatan serta integritas teritorial China dengan kunjungan tersebut.

'Beijing akan menjatuhkan sanksi kepada Pelosi dan kerabat dekatnya," kata kementerian, tanpa memberikan rincian terkait sanksi apa yang dijatuhkan untuk perempuan 82 tahun itu.

Kunjungan Pelosi telah memicu kemarahan China, membuat Beijing mengumumkan latihan militer besar-besaran di sekitar Taiwan dari 4-7 Agustus.

Kapal perang dan jet tempur China dilaporkan telah mengepung Taiwan dari enam sisi, memblokir akses laut dan udara Pulau Formosa. China juga menembakkan beberapa rudal balistik ke dekat Taiwan.

Pengumuman Kemlu China menambah daftar pejabat AS yang dikenai sanksi oleh Beijing selama beberapa tahun terakhir.

Pada Maret tahun ini Beijing mengatakan pihaknya memberlakukan pembatasan visa untuk pejabat AS yang dirahasiakan yang diduga mengarang kebohongan tentang masalah hak asasi manusia yang melibatkan China.

ARTIKEL LAINNYA