Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Zelensky Kecam Laporan Amnesty International, Bantah Militer Ukraina Bahayakan Warga Sipil

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 05 Agustus 2022, 17:46 WIB
Zelensky Kecam Laporan Amnesty International, Bantah Militer Ukraina Bahayakan Warga Sipil
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Net
Presiden Volodymyr Zelensky mengecam laporan Amnesty International baru-baru ini yang menuduh pasukan Ukraina telah membahayakan warga sipil dan melanggar hukum internasional.

Dalam pernyataan pada Kamis (4/8), Zelensky mengatakan laporan itu tidak dapat ditoleransi.

“Tidak mungkin, bahkan secara hipotetis, kondisi apa pun di mana setiap serangan Rusia ke Ukraina dapat dibenarkan. Agresi terhadap negara kita tidak beralasan, invasif dan secara terbuka teroris,” kata Zelensky, seperti dimuat Anadolu Agency.

Lebih lanjut, Zelensku menyebut laporan itu manipulatif dan ikut bertanggung jawab atas banyaknya korban yang berjatuhan.

Dalam sebuah laporan pada Kamis, Amnesty International menyebut pasukan Ukraina telah membahayakan warga sipil dengan mendirikan pangkalan di daerah perumahan di 19 kota besar dan kecil.

Setelah melakukan penyelidikan selama empat bulan, Amnesty International juga menemukan bahwa militer Ukraina telah mendirikan pangkalan di sekolah dan rumah sakit. Mereka juga melancarkan serangan dari kawasan berpenduduk yang melanggar hukum humaniter internasional.

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) memperkirakan, setidaknya 5.237 warga sipil telah tewas dan 7.035 terluka di Ukraina sejak awal perang pada 24 Februari. Sekitar 10 juta orang juga telah mengungsi ke negara tetangga.

ARTIKEL LAINNYA