Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Ada Tanda Penolakan Dari Negara Lain, Indonesia Optimis Ajukan "Indonesian Papers"

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 05 Agustus 2022, 18:24 WIB
Tak Ada Tanda Penolakan Dari Negara Lain, Indonesia Optimis Ajukan "Indonesian Papers"
Dewan Keamanan PBB/Net
rmol news logo Indonesia berkomitmen untuk memperjuangkan proposalnya terkait aturan kapal selam bertenaga nuklir pada sidang Review Conference of the Parties to the Treaty on the Non-Proliferation of Nuclear Weapons (NPT RevCon) ke-10 di New York, Amerika Serikat pada 1-26 Agustus 2022.

Proposal yang dikenal sebagai "Indonesian Papers berjudul Nuclear Naval Propulsion telah disampaikan pada hari kedua sidang, dan hingga kini belum ada tanda penolakan dari negara-negara lain.

"Pada akhirnya kami memperoleh kesan bahwa tidak ada satu pun negara yang menyampaikan keberatan atas proposal indonesia," Direktorat Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri, Febrian Alphyanto Ruddyard dalam konferensi pers virtual pada Jumat (5/8).

Febrian menyatakan, dalam empat hari terakhir Indonesia bertemu dengan 15 negara sahabat, kelompok gerakan non blok, kelompok organisasi internasional, masyarakat internasional, dan think tank dalam rangka memperoleh dukungan bagi proposal Indonesia.
 
Selain itu, Indonesia juga menekankan posisinya yang seimbang dalam memajukan pilar utama perjanjian nonproliferasi nuklir dan menjaga nilai-nilai multilateralisme guna tercapainya satu hasil persidangan yang dapat diterima semua pihak.

"Delegasi Indonesia menyampaikan pentingnya mengajukan aksi konkrit untuk pelucutan senjata, menggunakan teknologi untuk tujuan damai sekaligus juga memperkenalkan proposal Indonesia tentang kapal selam bertenaga nuklir," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA