Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Patahkan Tuduhan AS, China Mantap Tegaskan bahwa Rusia Memainkan Peran Kunci Melawan Terorisme

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 06 Agustus 2022, 07:35 WIB
Patahkan Tuduhan AS, China Mantap Tegaskan bahwa Rusia Memainkan Peran Kunci Melawan Terorisme
Kremlin Rusia/Net
Amerika Serikat selalu secara sewenang-wenang melabeli negara lain. China lewat juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying ikut mengomentari seruan di senat AS untuk mendeklarasikan Rusia sebagai negara sponsor terorisme.

Bagi China, Rusia adalah kekuatan pendorong penting dalam perjuangan komunitas global melawan terorisme. Jika AS memandang Rusia sebagai negara sponsor terorisme, itu adalah fitnah keji, dan AS tidak akan berhasil, menurut Hua.  

"Rusia sejauh ini memainkan peran aktif dan konstruktif dalam melawan ancaman terorisme," lanjut Hua.

Selain sewenang-wenang, AS juga terbiasa menceramahi orang lain dan menerapkan berbagai tuduhan tidak berdasar untuk menekan, menghalangi, dan melecehkan negara lain, katanya.

Senat AS pada Rabu (27/7) mengeluarkan resolusi yang meminta Departemen Luar Negeri untuk memasukkan Rusia ke dalam daftar negara sponsor terorisme. Hal itu dimotivasi oleh perkembangan di Chechnya, Georgia, Suriah, dan Ukraina.

Daftar itu  mencakup negara-negara yang, menurut AS, telah berulang kali mendukung tindakan terorisme internasional.

Rusia telah mengomentari resolusi itu dengan mengatakan 'tidak layak'.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan bahwa Rusia terus memantau dan siap untuk setiap perkembangan situasi dengan Amerika Serikat.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA