Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Protes Latihan Militer China, Gedung Putih Panggil Duta Besar Qin Gang

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 06 Agustus 2022, 09:43 WIB
Protes Latihan Militer China, Gedung Putih Panggil Duta Besar Qin Gang
Duta Besar China untuk AS Qin Gang/Net
Pemerintah AS secara resmi melayangkan protes atas latihan militer yang dilakukan China yang dianggap provokatif di sekitar Taiwan. Latihan tersebut dilaporkan sebagai tanggapan kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau tersebut.

Protes ditunjukkan dengan pemanggilan Duta Besar China Qin Gang oleh Gedung Putih.

"Gedung Putih memanggil duta besar China Qin Gang pada hari Kamis," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby, tanpa menyebut pejabat mana yang berbicara dengan duta besar, seperti dikutip dari AFP.

“Kami mengutuk tindakan militer (China), yang tidak bertanggung jawab, bertentangan dengan tujuan lama kami untuk menjaga perdamaian dan stabilitas dan melintasi Selat Taiwan,” kata Kirby.

“Kami menjelaskan kepada duta besar bahwa tindakan Beijing menjadi perhatian Taiwan, kami dan mitra kami di seluruh dunia,” lanjutnya, mencatat meningkatnya kekhawatiran di antara negara-negara Kelompok Tujuh dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

China meluncurkan latihan militer terbesarnya hingga saat ini di daerah sekitar Taiwan setelah perjalanan Pelosi ke pulau itu, sebuah langkah yang membuat marah Beijing. Latihan tembakan langsung diperkirakan akan berlanjut hingga Minggu.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA