Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

86 Persen Pistol Diselundupkan dari AS, Kanada Hentikan Impor Senjata di Tengah Tingginya Angka Kejahatan

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 06 Agustus 2022, 14:59 WIB
86 Persen Pistol Diselundupkan dari AS, Kanada Hentikan Impor Senjata di Tengah Tingginya Angka Kejahatan
Ilustrasi/Net
Pemerintah Kanada telah melarang impor pistol pada Jum'at (6/8), tetapi efektivitas larangan itu dipertanyakan karena data menunjukkan 86 persen dari senjata yang dilacak di Toronto diselundupkan secara ilegal dari AS pada tahun 2021.

“Mengingat bahwa hampir semua pistol kami diimpor, ini berarti bahwa perlu untuk lebih cepat membekukan pistol nasional,” kata Menteri Keamanan Publik Marc Mendicino seperti dikutip AA News.

Larangan tersebut bersifat sementara, hingga parlemen dapat mengesahkannya menjadi undang-undang akhir tahun ini. RUU itu mencakup pembekuan nasional atas impor, pembelian, penjualan, dan pemindahan kepemilikan senjata api, serta hukuman keras dan penyelidikan ketat untuk menghentikan mereka membahayakan diri atau orang lain.

Namun, tidak semua orang setuju dengan aturan pelarangan impor pistol karena menganggapnya tidak akan banyak membantu.

Wakil Kepala Polisi Toronto Myron Demkiw mengatakan kepada komite keamanan House of Commons pada Februari lalu, bahwa pemerintah perlu untuk memberi perhatian khusus pada kiriman senjata ilegal dari AS.

"Masalah kami di Toronto adalah pistol dari Amerika Serikat. Pada tahun 2021, 86 persen pistol yang dilacak oleh penyelidik di kota terbesar Kanada dengan populasi 2,9 juta diselundupkan ke Kanada dari AS," ungkapnya.

Kepala Polisi Regina (Saskatchewan) Evan Bray setuju dengan Myron dan mengatakan undang-undang senjata tidak akan menghentikan penyelundupan.

"Secara umum, sebagian besar undang-undang yang kami buat tidak akan diikuti oleh orang-orang yang melakukan kejahatan. Kami memiliki larangan pembunuhan di Kanada, namun sayangnya kami masih memiliki pembunuhan yang terjadi di semua tempat dan waktu," jelas Evan.

Namun, impor pistol legal dalam enam bulan pertama tahun ini menunjukkan angka 26,4 juta dolar Kanada, naik sebanyak 52 persen dari periode yang sama pada tahun lalu. Menurut data pemerintah, sekitar 1,1 juta pistol terdaftar secara legal di Kanada.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA