Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dorong Peningkatan Ketahanan Pangan, Malaysia Tawarkan Asuransi Tanaman

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 06 Agustus 2022, 16:32 WIB
Dorong Peningkatan Ketahanan Pangan, Malaysia Tawarkan Asuransi Tanaman
Perdana Menteri Datuk Seri Ismail Sabri berbicara dalam acara bazar Pertanian, Hortikultura, dan Agrowisata Malaysia (Maha) 2022 di Serdang/Net
Malaysia berencana menawarkan asuransi untuk membantu kompensasi kerugian petani setelah bencana alam, sebagai bagian dari langkah-langkah untuk memperkuat ketahanan pangan di negaranya.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yaakob mengatakan Skema Asuransi Takaful Agro-Makanan akan diluncurkan melalui Kementerian Pertanian dan Industri Makanan kemudian akan ditawarkan kepada 189.500 petani padi nasional.

"Perlindungan asuransi akan diperluas secara bertahap ke sektor-sektor termasuk perikanan dan sub-sektor lain dari industri makanan," katanya saat peluncuran Pameran Pertanian, Hortikultura dan Agro Wisata Malaysia 2022 pada hari Sabtu (6/8).

Malaysia merupakan importir makanan bersih dan telah mengambil langkah-langkah penting untuk meningkatkan pasokan biji-bijian dan unggas domestik di tengah krisis pangan yang disebabkan perang Rusia-Ukraina.

Menurut Menteri Pertanian Ronald Kiandee, Malaysia tetap berada di antara negara-negara tanpa asuransi tanaman, tidak seperti negara tetangganya termasuk China dan Indonesia.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA