Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia Kritik Pidato Guterres Karena Tidak Menyebutkan AS sebagai Negara yang Gunakan Bom Atom di Hiroshima

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 08 Agustus 2022, 09:45 WIB
Rusia Kritik Pidato Guterres Karena Tidak Menyebutkan AS sebagai  Negara yang Gunakan Bom Atom di Hiroshima
Pemboman Hiroshima/Net
rmol news logo Rusia lewat utusannya di PBB mengkritik pidato yang di sampaikan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres saat Upacara Upacara Peringatan Perdamaian Hiroshima baru-baru ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Deputi Pertama Perwakilan Tetap Rusia untuk PBB Dmitry Polyansky mengatakan, Guterres seharusnya  menyebutkan bahwa Amerika Serikat yang melakukan kejahatan penggunaan Atom Bom terhadap warga sipil.

Guterres pada Sabtu (6/8) bergabung dalam doa di Taman Perdamaian Hiroshima selama peringatan 77 tahun bom atom pertama di dunia di kota Jepang. Di sana, Guterres  berbicara kepada para hadirin, mengatakan bahwa senjata nuklir adalah 'omong kosong' dan meminta dunia untuk 'mengambil opsi nuklir dari meja'.

"Senjata nuklir adalah omong kosong. Tiga perempat abad kemudian, kita harus bertanya apa yang telah kita pelajari dari awan jamur yang membengkak di atas kota ini pada tahun 1945,"  kata Gurres dalam pidatonya itu.

"Umat manusia sedang bermain dengan senjata yang terisi. Krisis dengan nada nuklir serius menyebar dengan cepat, dari Timur Tengah ke semenanjung Korea, hingga invasi Rusia ke Ukraina. Umat manusia sedang bermain dengan senjata yang dimuat," katanya lagi, menambahkan bahwa satu-satunya solusi untuk melawan ancaman nuklir adalah "tidak memiliki senjata nuklir sama sekali."

Guterres juga berbagi gambar dengan aktivis perdamaian muda.

"Di Hiroshima untuk menandai peringatan 77 tahun bom atom, saya bertemu dengan aktivis muda yang tanpa lelah membawa pesan perdamaian ke generasi baru." Dia lebih lanjut menambahkan, "Dunia tidak boleh melupakan apa yang terjadi di sini."

Menanggapi pidato Guterres, Polyansky kemudian menulis kritikan pedasnya di Twitter.

"Sekretaris Jenderal yang terhormat, dunia juga tidak boleh lupa bahwa AS yang melakukan kejahatan ini menjadi satu-satunya negara yang menggunakan Bom Atom terhadap warga sipil. Tanpa kebutuhan militer apa pun. Alangkah baiknya jika Anda menyebutkan ini dalam pernyataan Anda juga!" ujar Polyansky.

Amerika Serikat menjatuhkan bom nuklir pertama di dunia di kota Hiroshima Jepang pada tanggal 6 Agustus 1945 dan tiga hari kemudian, pada tanggal 9 Agustus, mereka menjatuhkan bom atom lagi di Nagasaki.

Pengeboman dilakukan untuk memaksa Kekaisaran Jepang menyerah dalam Perang Dunia Kedua.

Serangan itu merupakan satu-satunya penggunaan senjata nuklir dalam sejarah manusia sejauh ini. Amerika Serikat belum mengambil tanggung jawab moral atas pengeboman tersebut, dan selalu membenarkan tindakan mereka atas nama 'kebutuhan militer'. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA