Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zelensky Tolak Dialog Jika Rusia Lanjutkan Referendum di Wilayah Pendudukan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 08 Agustus 2022, 12:35 WIB
Zelensky Tolak Dialog Jika Rusia Lanjutkan Referendum di Wilayah Pendudukan
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Net
rmol news logo Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengancam akan mengesampingkan pembicaraan dengan Rusia atau pun sekutu-sekutunya jika Moscow tetap mengadakan referendum di wilayah pendudukan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam pidatonya pada Minggu (7/8), Zelensky menegaskan Ukraina akan terus berpegang teguh pada posisinya untuk tidak melepaskan wilayah apa pun ke Rusia. Ia juga menekankan akan menutup akses perundingan jika upaya referendum itu terus digalakan.

"Jika penjajah melanjutkan jalan pseudo-referendums, maka mereka akan menutup sendiri setiap kesempatan pembicaraan dengan Ukraina dan dunia luar, yang jelas akan dibutuhkan pihak Rusia di beberapa titik," kata Zelensky seperti dikutip India Today.

Rusia dan Ukraina beberapa kali mengadakan pembicaraan sejak pasukan Mowscow melancarkan invasi ke Ukraina pada Februari lalu. Namun hanya sedikit kemajuan yang dicapai dan belum ada lagi pertemuan baru sejak akhir bulan Maret.

Sementara itu, pasukan Rusia telah menguasai sebagian besar wilayah Kherson, Ukraina selatan. Mereka juga menggelar referendum untuk menggabungkan wilayah jajahan dengan Rusia yang diadakan dalam beberapa minggu atau bulan mendatang.

Pada tahun 2014, proksi Rusia berhasil merebut sebagian wilayah Donbas dan mengadakan referendum kemerdekaan kemudian memproklamirkan status republik rakyat di wilayah Luhansk dan Donetsk. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA