On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tesla Teken Kontrak Pembelian Nikel Senilai Rp 74 Triliun dari Indonesia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 08 Agustus 2022, 14:49 WIB
Tesla Teken Kontrak Pembelian Nikel Senilai Rp 74 Triliun dari Indonesia
Tesla/Net
Produsen mobil listrik Amerika Serikat (AS), Tesla diklaim telah menandatangani kontrak senilai 5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 74 triliun untuk membeli nikel dari Indonesia.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap Tesla telah meneken kontrak kerjasama lima tahun dengan perusahaan pengolahan nikel yang beroperasi di kawasan Morowali, Sulawesi.

Adapun nikel yang dibeli akan digunakan oleh Tesla untuk memproduksi baterai lithium.

"Kami masih terus bernegosiasi dengan Tesla, tetapi mereka sudah mulai membeli dua produk unggulan dari Indonesia," kata Luhut dalam sebuah wawancara yang dikutip Reuters, Senin (8/8).

Sementara itu, terkait pembicaraan investasi Tesla di Indonesia, Luhut mengatakan proses komunikasi masih berjalan. Namun ia mengakui adanya masalah domestik Tesla yang menghambat.

Selama kunjungan ke Amerika Serikat (AS) pada Mei, Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan CEO Tesla Elon Musk untuk menghidupkan investasi.

Pemerintah Indonesia juga dilaporkan berencana untuk mengenakan pajak ekspor pada bahan-bahan logam untuk meningkatkan pendapatan.

ARTIKEL LAINNYA