Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

China: AS Gunakan Kunjungan Pelosi sebagai Taktik untuk Mengerahkan Militernya ke Kawasan

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 08 Agustus 2022, 15:08 WIB
China: AS Gunakan Kunjungan Pelosi sebagai Taktik untuk Mengerahkan Militernya ke Kawasan
Menteri Luar Negeri China Wang Yi/Net
Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan kemungkinan memang sengaja dilakukan Pemerintah Amwerika Serikat sebagai taktik Washington untuk menciptakan dalih agar bisa mengerahkan lebih banyak militernya ke wilayah tersebut.

Dugaan itu disampaikan Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam sebuah pernyataan di sela kunjungannya ke Bangladesh, Minggu (7/8), mengatakan bahwa ada tanda-tanda bahwa Amerika Serikat sedang mencoba untuk mengulangi trik lamanya.

"Washington memiliki sejarah menciptakan masalah terlebih dahulu, dan kemudian menggunakannya untuk mewujudkan rencana strategisnya sendiri di tempat lain di dunia," kara Wang, seperti dikutip dari Xinhua, Senin (8/8).

"Pemain regional harus menentang peningkatan kehadiran militer Amerika di sekitar Taiwan. Beijing mengingatkan Washington bahwa Taiwan bukan bagian dari Amerika Serikat, tetapi wilayah China," ujarnya.

Menurut Wang, dengan memberikan lampu hijau untuk kunjungan Pelosi, AS telah mengingkari komitmen yang sebelumnya diakuinya terhadap integritas teritorial China.

Wang kemudian melanjutkan untuk menggambarkan respons kuat China, yang, antara lain, termasuk sanksi, sebagai sesuatu yang sah, masuk akal, perlu, terbuka, dan pantas.

"Langkah-langkah tersebut ditujukan untuk menghalangi upaya AS menggunakan Taiwan untuk mengendalikan China," katanya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA